Valentino Rossi Klaim Kecepatannya Lebih Baik dari Kelihatannya

  • Bagikan
Valentino Rossi Klaim Kecepatannya Lebih Baik dari Kelihatannya
Valentino Rossi Klaim Kecepatannya Lebih Baik dari Kelihatannya. Crash.net

Menit.co.id – Valentino Rossi masih mencari cara meningkatkan performa motornya pada hari Sabtu di Jerez, di mana ia gagal lolos Q2 MotoGP Spanyol.

Meski tidak tercermin dari hasil kualifikasi, Valentino Rossi merasa dirinya dan Petronas Yamaha mendapatkan kemajuan kecil pada hari Sabtu jelang MotoGP Spanyol.

Pembalap Italia, yang terus berjuang dengan grip belakang dari ban ‘lunak’ ban Michelin saat ini, dan mengakui bahwa mereka kehabisan ide setelah Jumat.

Namun performanya sedikit membaik dari posisi 21 dan tertinggal 1,5 detik dari posisi teratas di FP2, menajdi P15 dengan defisit 0,7 detik memasuki FP3 pada Sabtu pagi.

“Hari ini kami sedikit meningkat dari pagi ini dan saya 0,7 dari ‘posisi terdepan’ tapi P15! Jadi keseimbangan di MotoGP cukup mengesankan,” kata Rossi dikutip dari Crash.net.

“Kami bekerja sedikit pada motor hari ini dengan tim saya, dengan Davide [Munoz, kepala kru], kami memiliki pengaturan yang berbeda dan saya merasa lebih nyaman karena saya dapat memasuki tikungan lebih cepat.

“Dan ya kami juga coba untuk memperbaiki riding style pastinya, karena ban ini sangat empuk, terutama di casingnya, jadi harus coba pakai dengan cara yang sangat mulus.”

Tapi kemajuan terhenti dengan beberapa masalah elektronik di sore hari, dengan Rossi mundur ke belakang lapangan dengan posisi ke-19 di FP4, diikuti oleh ke-17 dari 23 pebalap di kualifikasi.

“Saya memiliki potensi lebih dari ini, tetapi pada sore hari kami mengalami beberapa masalah dengan elektronik dan sejujurnya saya tidak dapat memberikan yang maksimal,” kata pebalap Petronas Yamaha itu.

“Sekarang kami bekerja dan kami mencoba memperbaikinya untuk besok. Saya tidak fantastis tetapi saya sedikit lebih baik [daripada yang terlihat]. Jadi kami harus mencoba sesuatu yang lain dalam pemanasan dan memutuskan ban untuk balapan.”

Rossi mencoba ban belakang keras dan sedang pada latihan terakhir, tetapi mengatakan satu-satunya keputusan ban yang harus diambil adalah mengenai bagian depan.

“Saya berharap ban belakang keras bisa bekerja seperti di Portimao, tapi sayangnya di sini saya rasa performa hardnya terlalu jauh dari medium,” kata Rossi. Tingkat cengkeramannya rendah, tidak cukup.

“Menurut saya yang jadi tanda tanya hanya ban depan, antara soft dan medium, karena menurut saya mayoritas pebalap akan memilih medium belakang.

“Jika Anda memiliki kecepatan yang bagus di sini, Anda dapat menyalip, tetapi selalu sulit. Saya tidak memiliki strategi khusus, dapatkan awal terbaik dan kemudian lihat apa yang terjadi.”

Rekan setimnya, Franco Morbidelli, menempati posisi kedua di grid, di belakang pebalap pabrikan Yamaha Fabio Quartararo.

  • Bagikan