Valtteri Bottas Cetak Kemenang Perdana, Ferrari Gagal Podium di GP Australia

    Minggu, 17 Maret 2019 - 21:19 Editor : Redaksi Dibaca : 103 Views

    Menit.co.id Pembalap Mercedes Valtteri Bottas mengawali musim Formula 1 2019 dengan penampilan sempurna untuk mencetak kemenangan di GP Australia, Minggu (17/3).

    Seperti 2018, Hamilton gagal mengonversikan raihan pole menjadi kemenangan. Hanya beberapa meter saja dari garis start, sang juara bertahan sudah kehilangan posisi terdepan, dan sejak itu Bottas menjauh dari rekan setimnya tersebut.

    Hamilton sempat mendapat tekanan dari Verstappen pada paruh akhir balapan sebelum akhirnya finis sebagai runner-up meski tertinggal 20 detik dari Bottas.

    Pembalap Finlandia itu juga membawa pulang satu poin tambahan setelah mencetak fastest lap.

    Meski melakukan kesalahan saat memburu Hamilton di penghujung balapan, pujian patut diberikan kepada Verstappen karena berhasil mempersembahkan podium di balapan pertama kemitraan Red Bull-Honda.

    Sebelum ini, terakhir kali Honda mencetak podium adalah ketika Rubens Barrichello finis ketiga pada balapan GP Inggris Raya 2008.

    Lima lampu merah padam untuk yang kali pertama di F1 2019 dan adalah Bottas yang melesat dan melompati peraih pole, Hamilton, untuk merebut posisi pimpinan di lap pembuka.

    Sementara Vettel nyaris bersentuhan dengan rekan setim anyarnya, Charles Leclerc, di tikungan pertama tapi masih bisa bertahan di posisi ketiga dan berusaha mengejar duo Mercedes.

    Di belakang, Daniel Ricciardo kehilangan sebagian sayap depannya setelah melindas gundukan di pinggir lintasan saat berusaha menyalip mobil Racing Point selepas start.

    “Daniel [masih] ada kerusakan di bagian kanan mobil dan bargeboard,” lapor kru Renault di radio kepada Ricciardo setelah melakukan pit stop pada lap pembuka.

    Sepuluh lap berjalan, Bottas membuka jarak sebesar 3,6 detik di depan Hamilton yang juga unggul dengan jarak serupa di dean Vettel di posisi ketiga.

    Satu lap kemudian, Carlos Sainz menjadi pembalap pertama yang tersingkir dari balapan musim ini setelah McLaren MCL34 yang ia kemudikan mengalami masalah mekanis dan mengeluarkan asap sebelum berhenti di pintu masuk pit lane.

    Pada lap ke-15, Vettel menjadi pembalap tim unggulan pertama yang masuk ke pit untuk beralih ke kompon medium berwarna kuning.

    Mercedes bereaksi dan memanggil Hamilton untuk melakukan hal yang sama. Pembalap Inggris Raya itu kembali bergabung ke lintasan dan masih berada di depan Vettel.

    Sembilan lap kemudian, Bottas melakukan pit stop dari posisi pimpinan balapan dan masih memegang keunggulan yang nyaman di depan Hamilton dan Vettel di trek.

    Verstappen sempat memimpin sebelum masuk ke pit dan keluar di belakang Vettel dengan kompon soft yang 10 lap lebih segar. Pembalap Red Bull itu memangkas jaraknya dan menempel di belakang girboks Ferrari.

    Pada lap ke-31, Verstappen mengeksekusi manuver brilian di tikungan ketiga dan menyalip Vettel dari sisi luar.

    Setelah mendahului Vettel, Verstappen langsung mengejar Hamilton. Tapi ia melebar ke rerumputan di sisa 10 lap terakhir.

    Perebutan waktu fastest lap memanas dan Bottas berhasil melengkapi pencapaian gemilangnya dengan satu poin tambahan setelah membukukan raihan waktu terbaik hari ini, 1 menit 25,580 detik.

    Ferrari meraih hasil mengecewakan, dengan selisih nyaris satu menit di belakang sang pemenang. Vettel juga hanya berjarak satu detik di depan Leclerc yang menyelesaikan balapan pertamanya bersama skuat Maranello di posisi kelima.

    Kevin Magnussen sempat terlibat dalam pertarungan sengit di rombongan tengah sebelum melenggang finis sebagai pembalap non-tim unggulan terbaik di peringkat keenam.

    Beda nasib dialami rekan setimnya di Haas, Romain Grosjean, yang untuk kedua kalinya di GP Australia tersingkir setelah masalah roda yang tidak terpasang dengan benar.

    Jauh di belakang Magnussen, ada Nico Hulkenberg yang menyelesaikan balapan di urutan ketujuh. Diikuti Kimi Raikkonen, Lance Stroll, Daniil Kvyat, dan Pierre Gasly yang pastinya frustrasi setelah gagal mencetak poin pada penampilan pertamanya bersama Red Bull.

    [Motorsport]



    Komentar Pembaca: