Apa Itu Trackhouse Racing? Tim Satelit Aprilia di MotoGP 2024

Trackhouse Racing

MENIT.CO.IDTrackhouse Racing merupakan salah satu tim satelit untuk Aprilia di MotoGP 2024 menggantikan CryptoData RNF. Ini informasi lengkapnya.

Trackhouse Racing MotoGP adalah nama tim asal Amerika yang dimiliki oleh Justin Marks dan bintang musik Pitbull. Mereka pertama kali masuk dunia balap di NASCAR Cup Series 2021.

Peresmian kehadiran Trackhouse Racing itu diumumkan MotoGP di Milan, Italia, pada Selasa (5/12), atau sembilan hari setelah MotoGP 2023 berakhir di MotoGP Valencia 2023.

Pada peluncuran itu pemilik Trackhouse Justin Marks didampingi CEO Aprilia Racing Massimo Rivola, Chief Sporting Officer Dorna Sports Carlos Ezpeleta, dan Chief Commercial Officer Dorna Don Rossomondo.

‘Kedatangan’ Trackhouse ini menggeser posisi RNF yang dianggap melakukan pelanggaran perjanjian berulang.

Dengan pengumuman Trackhouse tersebut, jumlah tim MotoGP untuk musim 2024 pun lengkap jadi 11. Trackhouse Racing akan menjadikan Raul Fernandez dan Miguel Oliveira sebagai pembalap utama.

“Trackhouse telah menikmati kesuksesan yang mengesankan di seri Piala NASCAR, dan sekarang tim Amerika akan mewujudkan ambisi balap mereka ke roda dua saat mereka bergabung dengan MotoGP sebagai Tim Independen, bermitra dengan Aprilia untuk menjalankan prototipe RS-GP MotoGP mereka,” tulis MotoGP dalam rilis.

Dalam peresmian itu Trackhouse menampilkan motor simbolis dengan corak bendera Amerika. Hail itu dibuat sebagai penghormatan terhadap legenda balap motor Amerika, Nicky Hayden.

“Bergabung dengan Kejuaraan Dunia MotoGP adalah momen yang sangat menyenangkan bagi perusahaan muda kami,” ujar Justin Marks.

Sementara itu Carlos Ezpeleta menyambut baik Trackhouse ke MotoGP. Di mata Ezpeleta, Trackhouse cocok untuk MotoGP.

“Di era paling kompetitif yang pernah ada dalam olahraga ini, sangatlah penting untuk memiliki Tim Independen yang kuat di grid dengan proyek yang solid,” kata Ezpeleta.