Bocoran Keunggulan Transmisi CVT Milik Daihatsu Rocky

  • Bagikan
Transmisi CVT Daihatsu Rocky

Menit.co.id – Daihatsu seakan rutin membocorkan keunggulan Daihatsu Rocky sebelum peluncurannya. Sebelumnya, Daihatsu mengungkapkan keunggulan fitur dan mesin turbo yang disemat pada Daihatsu Rocky. Kini, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) juga membocorkan keunggulan transmisi CVT yang dimiliki Daihatsu Rocky.

Beberapa mobil Daihatsu memang sudah dibekali dengan transmisi CVT, khususnya di Jepang. Untuk Indonesia, belum ada mobil Daihatsu yang pakai CVT. Kemungkinan Daihatsu Rocky bakal mengusung transmisi CVT di Indonesia.

CVT atau Continuously Variable Transmission merupakan sistem transmisi otomatis yang lebih advanced atau canggih dibanding transmisi otomatis (AT) konvensional.

BACA : Cara Merawat Sistem CVT Mobil yang Perlu Diketahui

Menurut Daihatsu, walaupun sama-sama bertransmisi otomatis dan tidak perlu menginjak kopling, transmisi CVT memiliki perbedaan yang cukup mendasar dengan transmisi otomatis 4AT.

Jika pada transmisi otomatis 4AT sistem perpindahan gigi menggunakan planetary gear set, maka transmisi otomatis jenis CVT menggunakan puli atau driven pulley dan sabuk baja sebagai komponen utama penggerak transmisi.

Transmisi CVT memiliki kemampuan melakukan perubahan rasio gigi menyesuaikan dengan putaran mesin. CVT dipastikan bisa memberikan sensasi berkendara yang lebih halus saat perpindahan kecepatan. Hal ini membuat pengendara mobil bertransmisi CVT tidak merasakan perpindahan gigi.

Selain itu, pada teknologi CVT, rentang rasio roda gigi juga telah diperpanjang pada sisi rendah dan tinggi, hingga memungkinkan akselerasi yang bertenaga dan mulus pada kecepatan rendah, serta kinerja yang hemat bahan bakar dan senyap pada kecepatan tinggi.

Kelebihan lainnya, CVT bisa mentransfer tenaga dari mesin dengan lebih effektif, sehingga di putaran rendah pun bisa mendapatkan tenaga yang cukup besar.

BACA : Daftar Lengkap Harga Mobil yang Dapat Relaksasi PPnBM

Adapun mobil-mobil Daihatsu yang sudah punya CVT antara lain mobil yang dijual di Jepang seperti Daihatsu Tanto, Move, Taft, Mira, Copen, Cast dan Boon. Bahkan, khusus untuk Daihatsu Rocky yang diluncurkan sudah mengusung teknologi Dual Mode CVT.

Dual Mode CVT dikembangkan melalui platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture) dan mengadopsi teknologi roda gigi terpisah.

Dengan Dual Mode CVT, Daihatsu telah berhasil mengembangkan teknologi pertama di dunia yang menggabungkan penggerak sabuk dan penggerak roda gigi untuk meningkatkan efisiensi transmisi, efisiensi bahan bakar, akselerasi lebih baik, dan lebih hening.

Selain itu, karakteristik pedal gas telah dioptimalkan untuk respons yang baik dari kecepatan rendah hingga tinggi. Demikian Daihatsu dalam keterangan tertulisnya.

  • Bagikan