Harga Honda City Hatchback RS Dibandrol Mulai dari Rp 289 Juta

  • Bagikan
Honda City Hatchback RS
Honda City Hatchback RS

Menit.co.id – Sekitar sebulan setelah diluncurkan di Indonesia, Honda City Hatchback RS akan mulai dikirimkan kepada dealer resmi Honda pada tanggal 8 April 2021.

Menjelang dimulainya pengiriman model ini, PT Honda Prospect Motor juga mengumumkan harga resmi untuk Honda City Hatchback RS di Indonesia.

Harga yang ditawarkan untuk Honda City Hatchback RS adalah Rp. 289.000.000 untuk transmisi manual 6 percepatan dan Rp. 299.000.000 untuk transmisi CVT. (Harga on the road wilayah Jakarta dan estimasi BBN Mobil Pertama tahun 2021).

“Harga yang ditawarkan tersebut juga sudah menerapkan skema relaksasi PPnBM yang ditetapkan pemerintah,” kata Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Jumat 2 April 2021.

BACA : Honda City Hatchback RS Resmi Meluncur di Riau

Honda City Hatchback RS diluncurkan di Indonesia pada 3 Maret 2021. Model ini menjadi penerus dari Honda Jazz. HPM akan mengirimkan City Hatchback RS ke konsumen mulai April 2021.

“Honda selalu berusaha untuk memberikan nilai lebih bagi konsumen, dengan produk yang menawarkan berbagai keunggulan dan fitur terdepan, harga yang value for money, hingga biaya operasional yang ringan,” katanya menambahkan.

“Kami juga berterima kasih kepada konsumen yang telah sangat antusias melakukan pemesanan dan menunggu pengiriman mobil ini, kami akan fokus untuk melakukan proses delivery secepatnya kepada konsumen di Indonesia.”

Mengusung konsep “Elevate Your Move”, Honda City Hatchback RS mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ciri khas model City sekaligus karakter hatchback Honda, dengan berbagai fitur canggih seperti Remote Engine Start, One Push Ignition System, Cruise Control, Audio Steering Switch dan Hands-free Telephone (HFT) Switch dengan Voice Recognition, Multi-Angle Rear View Camera, hingga ULTRA Seat.

Performa berkendara yang menyenangkan serta hemat bahan bakar, juga menjadi salah satu daya tarik model ini, terutama di kalangan konsumen anak muda.

Honda City Hatchback RS tersedia dalam 6 pilihan warna, di antaranya Phoenix Orange Pearl, Rallye Red, Crystal Black Pearl, Lunar Silver Metallic, Platinum White Pearl, dan varian warna terbaru adalah Meteoroid Gray Metallic.

Selain aksesoris, pada setiap pembelian Honda City Hatchback RS, Honda juga menawarkan Paket Perawatan yang menjamin biaya perawatan berkala (parts dan jasa) yang lebih terjangkau dan bebas dari kenaikan harga.

Konsumen dapat memilih Paket Hemat 1 (4 tahun / 50.000 km) atau Paket Hemat 2 (8 tahun / 100.000 km) yang lebih sesuai dengan kebutuhan.

Spesifikasi Honda City Hatchback RS

Nama Honda berjaya di segmen hatchback Tanah Air. Kehadiran Honda Jazz sejak 2004 menjadikan pabrikan Jepang itu sulit digeser dari papan atas segmen ini. Namun era Jazz sudah berakhir. Honda memutuskan untuk menghentikan produksi dan penjualan model ini. Penggantinya langsung dihadirkan; Honda City Hatchback.

Honda City sendiri bukan nama baru. Ia lahir sebagai hatchback tiga pintu pada medio 80an – bertransformasi jadi sedan empat pintu – dan kini konsumen Indonesia dapat menikmati gabungan dua konsep tadi alias tanpa pinggul untuk pertama kalinya. Ia sudah hadir lebih dulu di Thailand sehingga ada beberapa informasi yang sudah lebih dulu didapatkan.

Khusus di Indonesia, PT Honda Prospect Motor (HPM) mendatangkan City HB ini untuk menggantikan peran Honda Jazz. Tentunya tak bisa sama karene ia punya karakter yang berbeda.

Honda baru menghadirka dalam satu varian, yakni RS. Yusak Billy sebagai Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor dalam konferensi pers virtual mengatakan tipe RS yang sporti ternyata sangat digemari konsumen Indonesia.

Nah, seperti apa detail spesifikasi City HB RS ini?

Mesin 1.5-liter DOHC Baru, Diklaim Lebih Efisien
Jika di Thailand Honda City Hatchback memiliki pilihan mesin 1-liter turbo, lain cerita di Indonesia. Atas alasan tertentu – tentunya berkaitan dengan kecocokan pasar – dibenamkan mesin 1.5-liter non turbo sebagai amunisi anyar.

Namun, tidak semata-mata sama dengan line up Honda berkubikasi segitu. Jenisnya berbeda, serta diklaim punya output dan efisiensi bahan bakar lebih baik.

Tepatnya City baru memangku mesin empat silinder segaris berjenis DOHC, bukan SOHC seperti model-model Honda lainnya. Lantas terkait volumenya sama-sama 1.5-liter dan mengaplikasikan teknologi i-VTEC + DBW, serta memiliki 16 katup. Hasilnya perolehan output daya kuda menjadi 121 PS di 6.600 rpm dan torsi 145 Nm muncul pada 4.300 rpm.

Sesungguhnya tak beda jauh dari mesin lama yang digunakan pada Jazz, BR-V, dan City sedan. Meningkat sedikit saja, serta memunculkan power di putaran agak lebih rendah.

Tepatnya 120 PS pada 6.600 rpm dan 145 Nm pada 4.600 rpm. Dan soal efisiensi, klaim Honda, bisa mencapai 3 persen dari model sebelum.

Satu Varian, Dua Opsi Transmisi
Alasan didatangkannya satu varian nyatanya bukan tanpa alasan. Segmen sejenis, seperti Jazz hingga Civic 90 persen paling diminati varian RS. Dalam kata lain yang mengarah ke tampilan sporty. Dan atas itu pula, semua konsumen dapat menikmati fasilitas yang sama. Tinggal menyesuaikan penyalur dayanya saja.

Ya, opsi pertama tentunya merupakan girboks CVT. Bagi pengguna dalam kota biasanya transmisi ini menjadi pilihan favorit. Tapi kalau merasa kurang mendorong – mengingat masuk segmentasi kauwula muda – City turut disediakan dalam opsi manual enam percepatan.

Urusan pilihan girboks manual adalah satu-satunya di Indonesia, tidak tersedia di mesin 1.0-liter turbo versi Thailand sekalipun.

Fitur Keselamatan Komplet
Statusnya sebagai hatchback kompak tak bisa dipandang sebelah mata. Urusan perangkat keselamatan pasif dan aktif City cukup kompeten. Malah boleh dibilang tidak ada yang dipangkas dari versi luar. Mungkin berkat sudah dirakit lokal, sehingga nilai jualnya nanti tetap terjaga.

Misalnya dari perangkat safety aktif. Sensor ABS, EBD dan BA masuk dalam paket penjualan. Ditambah lagi Brake Override System, hingga Vehicle Stability Assist dan Hill Start Assist.

Semua ini tidak dipilah dalam opsi transmisi. Dibagi rata. Lantas airbagnya sendiri, sebagai perangkat pasif, menyebar di enam titik mobil. Begitu memberi daya tawar tinggi.

Selain itu, fitur semacam Seatbelt Reminder, Pretensioner with Load Limiter Seat Belt, Emergency Stop Signal, kursi ISOFIX, hingga APAR (Alat Pemadam Api Ringan) juga hadir.

Termasuk Smart Key with Keyless Entry, Immobilizer dan Alarm System. Rangka G-Cone + ACE™ ini pula diklaim mendapat bintang lima dalam performa tabrakan standarisasi ASEAN NCAP.

Tampilan Sporty Plus Fasilitas Hiburan Memadai
Filosofi energic diusung Honda dalam mengemas City. Baik untuk tampilan luar maupun dalam. Secara bersamaan, nuansa sporty itu turut disokong fasilitas kenyamanan dan hiburan memadai. Sehingga tetap relevan digunakan sehari-hari.

Ketika menyimak bagian eksterior, jelas tampak beda arah gayanya dari City sedan sebelum. Jauh lebih bergairah. Apa lagi penyematan lampu dan grille besar sedikit banyak dalam satu irama dengan Civic.

Beringas. Atas penyematan difusser, styling bumper berlekuk, hingga fog garnish dan lower mesh grille dirinya pun tampil makin sangar sekaligus stylish.

Ditambah tatapan mata dramatis berasal dari headlight full LED dan DRL. Berikut lampu belakang minimalis dioda berhias turning signal dan reverse light menggunakan bulb lamp. Berkarakter.

Plus, dominasi ornamen hitam glossy. Serta sepatu alloy 16 inci berdesain banyak palang. Urusan pengemasan kelir total ada enam opsi: Phoenix Orange Pearl, Rallye Red, Lunar Silver Metallic, Platinum White Pearl, Meteoroid Gray Metallic, dan Crystal Black Pearl.

Saat masuk ke dalam kabin Anda bakal dimanjakan nuansa gelap bercampur aksen merah di banyak titik. Jok, merupakan percampuran bahan suede – fabric – leather berhias jahitan. Komposisi motifnya pun ekspresif.

Area sisi ditarik beludru kontras, sementara permukaan tempat duduk diberi pola samar hitam. Begitu pula door trim dan dashboard memiliki kontras stiching merah pada bagian kulit.

Perihal jok ini, dapat diutak-atik untuk memudahkan akomodasi angkut barang. Misalnya utility mode. Maksudnya adalah melipat dua kursi belakang demi menciptakan ruang kargo lebih banyak.

Lantas long mode, adalah merundukkan kursi penumpang depan supaya mampu ditaruh benda panjang. Dan tall mode, maksudnya adalah mengangkat bantal dudukan jok belakang agar barang tinggi masih bisa dimuat.

Selanjutnya soal mekanisme nyala mobil. Tentunya push start button jadi standar. Alias tanpa perlu menggunakan anak kunci. Baik menghidupkan atau masuk ke dalam kabin.

Tidak sampai situ, fitur dari kelas di atasnya ikut diaplikasikan. Yakni remote engine start. Artinya, pengendara dapat menyalakan mesin tanpa masuk ke dalam. Supaya AC menyala dan ketika masuk suhu kabin sudah terasa nyaman.

Masuk lagi ke sistem hiburan, layar delapan inci touchscreen senantiasa menerjemahkan banyak format file. Dan bisa terkoneksi ponsel pintar. Semua itu nantinya diterjemahkan ke delapan speaker tersebar di sekeliling kabin.

Makin menarik lagi, layar turut menampilkan visual kamera parkir dalam beberapa sudut. Dari mulai normal view, wide view, sampai top view. Sangat memudahkan ketika hendak berparkir di tempat sempit.

Selain itu Cruise Control, Audio Steering Switch dan Hands-free Telephone (HFT) Switch berikut Voice Recognition, juga hadir di dalam City Hatchback anyar.

  • Bagikan