Berapa Harga Innova Listrik? Yuk Intip Kecanggihan Innova Listrik

Belakangan para konsumen Toyota tertarik dengan mobil listrik. Atas ketertarikan itu, Toyota Indonesia mencoba memamerkan produk baru Kijang Innova EV.

Innova Listrik

Menit.co.id – Toyota Indonesia pamerkan Innova Listrik dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022. Lantas berapa harga Innova Listrik?

Belakangan para konsumen Toyota Indonesia tertarik dengan mobil listrik. Atas ketertarikan itu, Toyota Indonesia mencoba memamerkan produk baru Kijang Innova EV.

Kijang Innova EV Concept merupakan mobil listrik yang muncul dalam pameran di IIMS 2022. Para konsumen Toyota Indonesia langsung terkesima dengan tampilan mentereng yang ada di Innova Listrik.

Prototipe Kijang Innova listrik atau mobil listrik murni (battery electric vehicle/BEV). Prototipe Kijang Innova EV tersebut di pajang mulai 31 Maret hingga 10 April nanti.

Keberadaan Innova BEV inipun memicu pertanyaan terkait harga unit jika kelak produk tersebut benar-benar di produksi massal untuk kebutuhan konsumen di Indonesia.

Hingga saat ini, tidak banyak merk beredar dari segmen BEV. Tercatat hanya Hyundai Kona dan Ioniq, serta Nissan Leaf dan Lexus UX 300e.

Munculnya Kijang Innova EV pun menjadi terobosan dari prinsipal untuk menghadirkan produk elektrik murni dari segmen MPV. Sedangkan segmen MPV inilah yang merupakan pasar paling gemuk di Indonesia.

Terkait BEV, masing-masing produsen masih diberatkan dengan ongkos produksi baterai yang disebut-sebut mencapai sepertiga dari total biaya produksi.

Jika mengacu Permenperin No.6/2022 tentang Peta Jalan dan Spesifikasi Kendaraan Bermotor Listrik, manufaktur terhadap baterai yang merupakan bagian komponen utama memiliki perhitungan tersendiri.

Untuk manufaktur komponen pendukung dan komponen utama masing-masing memiliki bobot 10 dan 50 persen (pada 2024 dan seterusnya menjadi 58 persen).

Sementara komponen baterai yang masuk dalam klasifikasi komponen utama, bobot yang di tetapkan sebesar 30 persen ( hingga 2024) dan seterusnya 35 persen.

Sehingga jika merujuk peraturan tersebut, maka Innova BEV juga harus mengeluarkan ongkos produksi tambahan untuk memiliki teknologi baterai.

Hitungan kasar dari harga Innova dengan mesin ICE saat ini yang berkisar Rp 355 juta- Rp 480 juta, maka harga Innova EV bisa berkisar Rp 455 juta-Rp 580 juta.

Kehadiran Toyota Kijang Innova listrik ini semakin mendekatkan target pemerintah. Berdasarkan beleid yang sama, pemerintah menargetkan produksi mobil listrik pada 2025 sebanyak 400.000.

Kemudian pada 2030 bertambah menjadi 600.000 unit, dan pada 2035 sebesar 1 juta unit. Jika kalian penasaran dengan interior dari Toyota Kijang Innova Listrik, simak ulasan di bawah ini.