Harta Rp 46,1 Miliar, Moeldoko Punya 1 Mobil Toyota Camry Hybrid?

  • Bagikan
Moeldoko terpilih menjadi Ketua Umum Partai Demokrat versi KLB di Deli Serdang, Sumatra Utara. ANTARA

Menit.co.id – Nama Jenderal Purnawirawan Moeldoko kini ramai diperbincangkan setelah dirinya dipilih sebagai Ketua Umum Partai Demokrat versi kongres luar biasa (KLB) Deli Serdang, Sumatera Utara.

Moeldoko dipilih sebagai ketua umum setelah dianggap memiliki perolehan suara lebih banyak dibandingkan calon lainnya, yaitu Marzuki Ali.

Pada pembahasan kali ini, media ini tidak akan membahas persoalan politik yang sedang dialami Moeldoko dan Partai Demokrat, melainkan akan mengungkap koleksi kendaraan apa saja yang dimiliki oleh mantan Panglima TNI itu.

BACA : Moeldoko dan SBY: Cium Tangan Dulu, Kudeta Kemudian

Berdasarkan data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK tahun 2019, Moeldoko diketahui memiliki total harta kekayaan mencapai Rp 46,1 miliar.

LHKPN KPK Moeldoko 2019. Foto: dok. KPK
LHKPN KPK Moeldoko 2019. Foto: dok. KPK

Dari total harta tersebut, terbagi menjadi harta tanah dan bangunan senilai Rp 33,4 miliar, harta berupa alat transportasi dan mesin senilai Rp 200 juta, harta bergerak lainnya Rp 204 juta, kas dan setara kas senilai Rp 6,6 miliar, serta harta dalam bentuk lainnya senilai Rp 5,6 miliar.

Bila melihat data di atas, terlihat harta berupa alat transportasi dan mesin jadi yang paling kecil. Mengacu pada data LHKPN tersebut, pria yang kini menjabat sebagai Kepala Kantor Staf Presiden itu diketahui hanya memiliki 1 unit kendaraan, yaitu mobil.

Adapun mobil yang dimiliki Moeldoko, yakni Toyota Camry Hybrid 2.5 liter bertransmisi otomatik. Mobil dengan tahun produksi 2012 itu, di data LHKPN dihargai senilai Rp 200 juta.

Toyota Camry Hybrid
Toyota Camry Hybrid

Sebagai mobil hybrid, Toyota Camry dibekali mesin atkinson cycle berkode 2AR-FXE. Sistem itu mengkombinasikan mesin bensin dengan motor listrik dan baterai berkapasitas 1.6 kWh.

Di atas kertas, kombinasi hybrid itu mampu memuntahkan tenaga 154 dk dan torsi 207 Nm. Untuk sistem transmisinya menggunakan transmisi otomatik eCVT.

Menyoal harga bekasnya, kini di beberapa situs jual beli mobil bekas, Toyota Camry Hybrid dengan tahun produksi 2012, rata-rata diniagakan dengan harga mulai dari Rp 210 juta hingga Rp 265 juta.

  • Bagikan