Kemenhub Panggil AHM Terkait Keluhan Rangka eSAF

Rangka eSAF

MENIT.CO.ID – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan memanggil PT Astra Honda Motor (AHM) untuk membahas keluhan konsumen terkait rangka eSAF yang disinyalir mengalami keropos yang berujung patah.

Kabar pemanggilan ini pertama kali disampaikan Direktur Sarana Transportasi Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Danto Restyawan. Ia mengatakan bahwa pemanggilan akan dilakukan pada Senin, 28 Agustus 2023.

“Hari Senin, 28 Agustus 2023, saya rapatkan dengan mengundang AHM,” ucap Danto, dikutip dari CNNIndonesia.

Danto menambahkan bahwa pemanggilan ini dilakukan untuk mengetahui dan menelusuri langsung akar masalah rangka eSAF. Selain itu, Danto menilai masalah ini tidak hanya menjadi perhatian masyarakat, tetapi juga pemerintah.

“Pembahasan ini terkait yang viral itu. Jadi sengaja saya rapatkan, bagaimana bisa terjadi seperti itu,” ucap dia.

Pemanggilan nanti akan melibatkan sejumlah perwakilan Kemenhub, salah satunya dari Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB). Balai milik Kemenhub ini bertugas menguji kendaraan, termasuk produk motor Honda, sebelum dapat dijual ke pasar.

“Balai uji Bekasi juga dilibatkan. Saya, kalau sudah terkait keselamatan, saya tegas,” ucap Danto.

Menanggapi kabar pemanggilan ini, Senior Manager Corporate Communication PT AHM, Rina Listiani, mengatakan bahwa pihaknya akan kooperatif dalam memberikan penjelasan.

“Kami akan cek dulu suratnya. Yang pasti, kami akan kooperatif untuk menjelaskan situasi saat ini dan upaya penanganan cepat yang dilakukan kepada konsumen, dengan mengecek langsung setiap sepeda motor yang dikeluhkan konsumen,” ujar Rina.

Rina juga memastikan kenyamanan dan keamanan sepeda motor konsumen merupakan prioritas Honda motor.

“Bagi AHM, kenyamanan dan keamanan sepeda motor konsumen merupakan prioritas kami. Kami memastikan kualitas sepeda motor terbaik untuk konsumen,” Rina menambahkan.

Sebelumnya, AHM telah melakukan upaya untuk menangani keluhan konsumen terkait rangka eSAF. Salah satunya dengan mencari konsumen pembuat video tersebut untuk melakukan verifikasi.

“Ya, kami sudah, sedang, dan akan melakukan itu. Kami berusaha proaktif mendata, memverifikasi, mencari pemilik sepeda motor yang menyampaikan permasalahannya lewat medsos,” kata General Manager Corporate Communication Astra Honda Motor (AHM) Ahmad Muhibbuddin.