Liberty Media Incar Dorna Sports, Pemilik Hak Komersial MotoGP dan WorldSBK

Liberty Media Incar Dorna Sports

MENIT.CO.ID – Liberty Media, perusahaan media raksasa Amerika Serikat yang mengendalikan hak komersial Formula 1, dikabarkan tengah melirik Dorna Sports.

Dorna Sports merupakan pemegang hak komersial MotoGP dan WorldSBK, dua ajang balap motor paling bergengsi di dunia.

Jika akuisisi ini terwujud, ambisi Liberty Media adalah menjadikan MotoGP sejajar dengan Formula 1, yaitu sebagai ajang olahraga global yang mendunia.

Keberhasilan Liberty Media dalam meningkatkan popularitas Formula 1 sejak mengambil alih dari Bernie Ecclestone pada 2017 menjadi bukti nyata kemampuan mereka.

Kini, Formula 1 menjadi salah satu ajang olahraga paling populer di dunia dengan banyak negara yang berebut menjadi tuan rumah.

Dorna Sports, di bawah kepemimpinan Carmelo Ezpeleta, telah mengendalikan hak komersial MotoGP sejak 1992 dan WorldSBK sejak 2013.

Kiprah Dorna tak hanya di situ, mereka juga terlibat dalam manajemen berbagai ajang balap motor lainnya, seperti CEV, British Superbike, dan Kejuaraan Dunia Trial.

Dorna pun aktif dalam mempromosikan program-program pembinaan talenta muda seperti Asia Talent Cup, Northern Talent Cup, British Talent Cup, Red Bull Rookies Cup, JuniorGP, dan MiniGP World Series.

Walaupun Bridgepoint, perusahaan manajemen asal Inggris yang menjadi induk Dorna, tidak memiliki rencana untuk menjual perusahaannya, Liberty Media dikabarkan sedang dalam pembicaraan untuk kemungkinan akuisisi, seperti yang dilaporkan oleh Expansion.

Ketertarikan Liberty Media bukan tanpa alasan. Dorna Sports saat ini memiliki nilai sekitar 4 miliar poundsterling atau sekitar Rp68 triliun, dan akuisisi ini diharapkan dapat membantu Liberty Media mendominasi pasar balapan motor global.

Keberhasilan Liberty Media dalam mengelola Formula 1 patut menjadi contoh. Di bawah kepemimpinan mereka, nilai Formula 1 mencapai $18,2 miliar atau sekitar Rp285 triliun pada 2023, berkat lonjakan popularitasnya dalam enam tahun terakhir.

Rumor akuisisi Dorna oleh Liberty Media telah beredar sejak akhir tahun lalu. CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, dalam wawancara dengan La Repubblica pada Januari 2024, mengkonfirmasi ketertarikan dari berbagai pihak.

“Setiap hari saya menerima 2-3 panggilan telepon dari institusi kredit untuk bertanya apakah memang benar kami dijual. Namun, bank tidak mau membeli, mereka hanya menawarkan perantara untuk operasionalnya. Saya hanya bisa bilang bahwa kami siap,” ujar Carmelo Ezpeleta.

Akankah Liberty Media berhasil mengakuisisi Dorna Sports dan membawa MotoGP ke level yang lebih tinggi? Waktu yang akan menjawab.