Mobil Listrik Tiba di Pekanbaru, PLN Siapkan SPLU

    Senin, 10 Desember 2018 - 10:55 Editor : Redaksi Dibaca : 468 Views

    Menit.co.id Rombongan Blits Explore Indonesia yang menggunakan mobil listrik tiba di Pekanbaru.

    Tim ini disambut oleh Gubernur Riau yang diwakili oleh Kadis ESDM, Indra Agus Lukman, didampingi oleh GM PLN Unit Induk Wilayah Riau dan Kepri, M Irwansyah Putra, GM PLN UIP Sumatera Bagian Tengah, Henvry Setijabudi dan GM PLN P3B Sumatera, Nur Wahyu Dhinianto.

    Irwansyah mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan infrastruktur pendukung berupa Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) untuk pengguna mobil listrik.

    “Mobil listrik merupakan suatu kemajuan bangsa kita. PLN sangat mendukung pengembangan mobil listrik ini ke depannya. Saat ini sudah kita siapkan infrastrukturnya berupa SPLU,” kata Irwansyah.

    Dijelaskan Irwansyah, untuk di Pekanbaru SPLU sudah dipasang di beberapa lokasi yang menjadi pusat-pusat keramaian.

    “Ada 31 unit di antaranya dekat Masjid Annur, depan RSUD serta di lapangan taman olah raga Rumbai,” terangnya.

    Namun belakangan ini SPLU yang terpasang lebih banyak digunakan oleh pedagang untuk kebutuhan listrik saat berjualan. Karena untuk menggunakan SPLU masyarakat tidak perlu mendaftar sebagai pelanggan PLN, cukup isi token dan listrik dapat langsung digunakan.

    “Pengembangan SPLU ini masih akan terus kita lakukan, sehingga ke depannya benar-benar mampu memenuhi kebutuhan pengisian daya mobil listrik,” jelas Irwansyah.

    Tim Blits Explore Indonesia ini terdiri dari gabungan Mahasiswa Universitas Budi Luhur dan Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Tim ini mampu mengembangkan mobil listrik yang diberi nama BLITS dan Kasuari.

    Mobil listrik tersebut mampu menempuh jarak antara 250-350 KM dalam sekali pengisian daya. Waktu yang dibutuhkan untuk pengisian batre sampai penuh sekitar 4 Jam. Hal ini merupakan suatu prestasi yang membanggakan bagi bangsa Indonesia.

    “Ini merupakan suatu prestasi yang membanggakan, dan kita harap ke depannya dapat dikembangkan lagi agar bisa diproduksi secara masal,” ujar Kadis ESSM Riau, Indra Agus Lukman.

    Pada kesempatan tersebut juga dilakukan test drive oleh Indra Agus, jajaran Managemen PLN dan masyarakat yang hadir serta beberapa rekan media yang hadir. Antusiasme yang sangat tinggi sehingga beberapa awak media harus mengantre untuk dapat mencicipi tarikan Blits dan Kasuari.

    (Merdeka)



    Komentar Pembaca: