Mobil Listrik Xiaomi SU7: Digemari, Tapi Dilingkupi Masalah

Mobil Listrik Xiaomi SU7

MENIT.CO.ID – Mobil Listrik Xiaomi SU7 resmi diluncurkan di China dengan harga mulai dari Rp 475 jutaan. Ini ulasan lengkapnya.

Harganya yang relatif murah dibandingkan para pesaingnya membuat mobil ini diminati pasar, terbukti dengan angka pemesanan mencapai 90 ribu unit.

Namun, di balik popularitasnya, SU7 diwarnai berbagai masalah yang muncul dari pengguna di jalan raya.

Sebuah video di YouTube menunjukkan pengemudi Mobil Listrik Xiaomi SU7 berwarna biru kehilangan kendali dan menabrak pembatas jalan.

Diduga mobil kehilangan traksi saat berakselerasi, dan meskipun pengemudi kurang berpengalaman, mobil cerdas seperti SU7 seharusnya mampu mengatasi hal tersebut.

Video lain menunjukkan SU7 dengan suspensi udara yang rusak, membuat mobil terlihat ceper. Gambar lain menunjukkan SU7 yang mengalami kecelakaan.

Masalah tak hanya muncul dari pengguna, proses pengujian pun tak luput dari insiden. Kecelakaan pertama SU7 terjadi di jalanan bersalju Kota Heiha pada Februari lalu.

Di luar masalah teknis, SU7 juga dihadapkan dengan isu calo yang memanfaatkan tingginya minat masyarakat. Para calo menaikkan harga mobil hingga Rp 220 juta dari harga resmi.

Tentang Mobil Listrik Xiaomi SU7

Xiaomi, raksasa teknologi asal Tiongkok, telah resmi meluncurkan mobil listrik pertamanya, Xiaomi SU7. Mobil ini menghadirkan perpaduan desain menawan, teknologi canggih, dan performa yang mumpuni, menjadikannya pesaing baru di pasar mobil listrik global.

  • Desain Futuristik dan Elegan

SU7 tampil dengan desain futuristik dan elegan, dengan garis-garis halus dan aerodinamis. Lampu depan LED yang menyipit dan lampu belakang LED yang menyambung memberikan kesan modern dan sporty. Dimensi bodinya yang besar, dengan panjang 4,997 meter dan wheelbase 3 meter, memberikan ruang kabin yang lega dan nyaman bagi para penumpang.

  • Teknologi Canggih dan Inovatif

SU7 dibekali berbagai teknologi canggih dan inovatif, seperti sistem autopilot Xiaomi Pilot, sistem infotainment layar sentuh 15.6 inci, dan asisten virtual cerdas. Mobil ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan, seperti sistem pengereman ABS dan EBD, kontrol stabilitas elektronik (ESC), dan airbag.

  • Performa Tangguh dan Jarak Tempuh Jauh

SU7 tersedia dalam dua varian: Standard Range dan Long Range. Varian Standard Range memiliki baterai 73.6 kWh yang mampu menempuh jarak hingga 500 km. Sementara varian Long Range memiliki baterai 94.3 kWh yang mampu menempuh jarak hingga 700 km. Kedua varian ini menggunakan motor listrik dengan tenaga 220 kW dan torsi 400 Nm, memungkinkan akselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 5.28 detik.

  • Harga Kompetitif

Xiaomi SU7 dibanderol dengan harga yang kompetitif, mulai dari 215.900 yuan (sekitar Rp474 juta) untuk varian Standard Range dan 299.900 yuan (sekitar Rp658 juta) untuk varian Long Range. Harga ini tergolong murah dibandingkan dengan mobil listrik lain di kelasnya.

Kesimpulan

Peluncuran Xiaomi SU7 menandakan langkah baru Xiaomi di industri otomotif. Mobil ini menawarkan perpaduan desain menawan, teknologi canggih, performa tangguh, dan harga kompetitif. Dipercaya bahwa SU7 akan menjadi pesaing kuat di pasar mobil listrik global dan membuka jalan bagi Xiaomi untuk menghadirkan lebih banyak inovasi di dunia otomotif di masa depan.