Siapa Lando Norris? Pemenang Balapan F1 GP Miami 2024

Lando Norris Yakin McLaren Siap Tantang Red Bull

MENIT.CO.ID – Lando Norris adalah seorang pembalap muda McLaren, berhasil keluar sebagai pemenang balapan F1 GP Miami 2024.

Lando Norris memetik kemenangan pertamanya di Formula 1 dalam Grand Prix Miami yang menegangkan di Miami International Autodrome, Florida, Minggu (5/5/2024).

Kemenangan ini menjadi momen spesial bagi Norris, menandakan kerja keras dan kegigihannya selama lima tahun di dunia balap F1.

Norris memimpin balapan ketika Safety Car diturunkan di lap 29 akibat insiden tabrakan. Memanfaatkan momen ini dengan tepat, Norris melakukan pit stop dan kembali ke lintasan di posisi terdepan.

Kejelian tim McLaren dalam menerapkan strategi terbukti tepat, mengantarkan Norris meraih kemenangan pertamanya dengan selisih 7,612 detik di depan juara dunia Max Verstappen.

Kemenangan ini terasa emosional bagi Norris, yang sebelumnya hanya meraih podium kedua sebagai pencapaian terbaiknya.

“Saya merasa bangga. Sepanjang akhir pekan berjalan baik, meskipun ada sedikit kendala,” ungkap Norris, dikutip dari laman resmi F1.

Norris memuji strategi “sempurna” McLaren yang menjadi kunci kemenangannya. “Kami tahu kami memiliki kecepatan di hari Jumat, tapi hari ini kami berhasil menyatukan semuanya. Strategi kami sempurna, semua berjalan lancar,” kata pembalap asal Inggris itu.

“Terima kasih kepada McLaren, semua tim, dan tentu saja kepada ibu dan ayah saya atas dukungan mereka,” tambahnya.

Norris, yang memulai debutnya di F1 pada tahun 2019, tak lupa menyampaikan rasa cintanya kepada tim McLaren. “Saya bangga menjadi bagian dari tim ini. Banyak orang meragukan saya selama ini, dan saya telah membuat beberapa kesalahan selama lima tahun ini. Tapi hari ini, kami buktikan bahwa kami bisa melakukannya bersama. Ini semua untuk tim,” tegas Norris.

Kemenangan di Miami ini mengantarkan Lando Norris ke posisi keempat klasemen sementara dengan 83 poin, terpaut 53 poin dari Max Verstappen di puncak klasemen.

Hasil ini menjadi bukti nyata bahwa Norris adalah pembalap potensial dengan masa depan yang cerah di dunia Formula 1.