Stasiun Ini Isi Baterai Mobil Listrik Hanya 3 Menit

    Jumat, 14 Desember 2018 - 16:59 Editor : Redaksi Dibaca : 130 Views

    Menit.co.id Belakangan ini, ada yang dicemaskan industri otomotif terhadap mobil listrik. Mereka khawatir waktu pengisian daya baterai mobil listrik akan lebih lama daripada mobil yang berbahan bakar BBM.

    Dikutip dari Auto Evolution, Jumat 14 Desember 2018, BMW, Porshe, Allego, Phoenix Contact E-Mobility, dan Siemens, membuat kelompok kerja untuk mengerjakan proyek FastCharge. Proyek ini bertujuan agar mobil listrik bisa mengisi ulang daya baterai dengan cepat.

    Dananya berasal dari Kementerian Transportasi dan Infrastruktur Digital Jerman. Proyek ini berlangsung sejak 2016.

    Hasilnya, diciptakan 2 stasiun pengisian daya di Jettinge-Scheppach, Jerman. Stasiun pengisian ulang listrik ini memberikan output sampai 450 kW.

    Stasiun itu dapat digunakan oleh model mobil listrik dari semua merek dengan varian Tipe 2 standar Eropa dari Combined Charging System (CCS). Menggunakan pengisi daya tidak akan memerlukan biaya apa pun, setidaknya untuk saat ini.

    Porsche menyebut stasiun itu bisa digunakan untuk pengisian baterai mobil 400 volt dan 800 volt. Kapasitas pengisiannya juga dilakukan secara otomatis.

    Perusahaan mobil ini menjajalnya dengan mobil listrik khusus yang dilengkapi baterai 90 kWh. Ketika dicolok ke stasiun, baterai listrik terisi penuh hanya dalam tiga menit.

    Stasiun pengisian listrik FastCharger lebih cepat 3-9 kali daripada stasiun pengisian lainnya. Sayang sekali, teknologi itu masih sebatas uji coba. Belum ada kabar kapan akan diproduksi dan tersebar secara luas.

    (Dream)



    Komentar Pembaca: