Toyota bZ4X, Mobil Listrik Saingan Hyundai Ioniq 5

Toyota bZ4X

Menit.co.id – Toyota bZ4X merupakan mobil listrik berbasis baterai saingan Hyundai Ioniq 5 hasil produksi massal pertama di Indonesia dari Toyota Astra Motor.

Toyota Astra Motor (TAM) resmi merilis mobil listrik berbasis baterai (Battery Electric Vehicle/BEV). Adalah All New Toyota bZ4X pada, Kamis (10/11/22) di Jakarta.

Mobil listrik Toyota bZ4X ini bakal berhadapan dengan mobil full EV lainnya seperti Hyundai Ioniq 5. TAM membanderol mobil ini Rp 1,19 miliar dan hanya merilis satu jenis.

Sementara lawannya Hyundai Ioniq 5 dibanderol mulai dari Rp 748 hingga Rp 859 juta. Penasaran apa saja keunggulan dari kecanggihan teknologi dari Toyota bZ4X?

President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Susumu Matsuda mengatakan:

“Kami melengkapi pilihan teknologi elektrifikasi yang sudah ada dengan All New bZ4X sebagai produk Battery EV Toyota pertama yang dipasarkan untuk pelanggan di Indonesia.”

All New bZ4X merupakan salah satu bentuk realisasi visi Toyota dalam menghadirkan ever-better cars sebagai sarana mobilitas masyarakat yang bebas polusi dan ramah lingkungan.

Menurutnya, All New bZ4X di bangun dari basis Platform e-TNGA yang merupakan refinement dari Toyota New Global Architecture (TNGA). Namun, dioptimalkan, dan didedikasikan untuk Battery Electric Vehicle.

Salah satu kelebihannya adalah unit baterai ramping terletak sepenuhnya di bawah lantai kendaraan sebagai bagian integral dari chassis sehingga membantu mendapatkan pusat gravitasi rendah.

Kemudian, keseimbangan bobot depan-belakang ideal, dan rigidity bodi tinggi. Lithium-ion Battery di bZ4X mempunyai kapasitas 71,4 kWh yang sejak terisi penuh, baterai ini memiliki jarak tempuh hingga 500 km tanpa menghasilkan emisi sama sekali.

“All New bZ4X menjadi pionir Battery EV Toyota sekaligus melengkapi line up kendaraan elektrifikasi di Indonesia yang terdiri dari teknologi Hybrid EV, Plug-In Hybrid EV, dan Battery EV,” katanya.

Dengan ini, pelanggan bebas memilih kendaraan elektrifikasi Toyota yang sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

“Sehingga membuka kesempatan bagi semua untuk bisa berkontribusi mengurangi emisi karbon sembari menjalankan mobilitasnya bersama teknologi kendaraan ramah lingkungan dari Toyota,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

Interior bZ4X adalah kenyamanan dan kelapangan yang memberikan suasana kabin ala living room. Di padukan dengan layar sentuh 12,3 inch terbesar di mobil Toyota dengan menu navigasi disertai fitur konektivitas lengkap ke smartphone.

Pertama pada mobil listrik di Indonesia, terdapat pula fitur Advanced Park yang dirancang untuk membantu pengemudi ketika parkir paralel atau parkir mundur tanpa perlu menggerakkan kemudi sedikitpun.

Menggunakan mesin front wheel Drive (FWD), mobil ini memiliki kekuatan tenaga daya 204Hp dan torsi maksimal 266,3Nm. Ban berukuran 18 inch Alloy wheels dengan fasilitas panoramic sunroof.

Lebih jauh, TAM juga memberikan garansi baterai All New Toyota bZ4X selama 8 tahun atau 160.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu.

“Kini semua mobil elektrifikasi Toyota, telah mendapatkan garansi baterai selama 8 tahun / 160.000 kilometer yang bisa diklaim di semua jaringan dealer Toyota di seluruh Indonesia.”

“Kami pastikan seluruh jaringan dealer mampu menangani permasalahan apapun pada kendaraan elektrifikasi pelanggan dengan menyiapkan fasilitas bengkel modern dan canggih sesuai kebutuhan servis berkala dan perbaikan, meningkatkan kualitas teknisi sesuai standar Toyota global untuk menangani kendaraan elektrifikasi, serta penyediaan spare parts sesuai kebutuhan di workshop,” tutup Anton.