Toyota Indonesia Hentikan Produksi Mobil Sienta

Toyota Indonesia Hentikan Produksi Mobil Sienta

MENIT.CO.ID – Mobil Toyota Sienta berakhir sudah nasibnya di Indonesia. PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia sebagai produsen menghentikan produksi Sienta generasi kedua.

“Nggak, Sienta sudah tidak produksi,” ujar Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam di Karawang, Senin (22/1/2024).

Mobil Sienta tidak hanya dijual di Indonesia. MPV garapan Karawang itu juga dikirim ke beberapa negara. Namun berdasarkan data ekspor Gaikindo tahun 2023, PT TMMIN mengirim Sienta terakhir pada Maret 2023.

Sedangkan April dan Mei tidak ada unit Sienta yang dikapalkan ke Thailand. Pun penjualan di Indonesia. Penjualan Sienta secara wholesales juga nihil.

Dikutip dari data penjualan wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, Sienta menyisakan satu model yakni V Welcab. Itupun distribusinya hanya 1 unit dan terakhir dilakukan pada Januari 2023.

Penjualan Sienta memang tampak merosot dari tahun ke tahun. Dalam catatan detikOto, pada tahun 2016 distribusi Sienta mencapai 17.931 unit. Kemudian pada tahun 2017 distribusinya sekitar 14.000-an unit. Berlanjut pada tahun 2018 distribuisnya turun lagi menjadi 5.113 unit.

Berlanjut di tahun 2019, distribusinya hanya 1.030 unit. Kembali turun setahun setelahnya yakni menjadi 393 unit. Lalu pada tahun 2021, terlihat ada peningkatan seiring dengan insentif PPnBM yang didapat Sienta. Dengan demikian, distribusinya meningkat jadi 841 unit.

Tahun 2022 lebih parah lagi, distribusinya hanya mencapai 99 unit. Selanjutnya pada lima bulan pertama tahun 2023, distribusi Sienta baru 1 unit.

Sienta sendiri belum berubah banyak sejak meluncur tujuh tahun lalu. Padahl di Jepang Toyota sudah menghadirkan Sienta dengan tampilan serba baru.

Di Jepang, Toyota Sienta terbaru menghadirkan pilihan mesin bensin dan hybrid. Untuk tipe hybrid, Sienta dibekali mesin 1.5L M15A-FXE serta sistem hybrid yang lebih efisien dengan konsumsi BBM 28,8 km/liter. Pada tipe hybrid, Toyota juga menawarkan versi penggerak E-Four.

Bukan tidak mungkin Sienta versi baru bakal ditawarkan di Indonesia. Untuk diketahui, Sienta anyar sudah terdaftar dalam dokumen Berita Resmi Desain Industri No. 33/DI/2022 yang dirilis Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM.

Desain Sienta yang didaftarkan di Indonesia ini sama persis dengan Sienta yang meluncur di Jepang pada Agustus 2022 lalu. Lalu akankah Sienta baru diluncurkan di Indonesia? namun Toyota masih enggan memberikan jawaban terkait calon produk barunya itu.