BBPOM Riau Sita Ribuan Obat dan Kosmetik Ilegal di Dumai

  • Bagikan
BBPOM Riau Amankan Ribuan Obat dan Kosmetik Ilegal di Dumai
BBPOM Riau Amankan Ribuan Obat dan Kosmetik Ilegal di Dumai

Menit.co.id – Balai Besar Balai Pengawasan obat dan makanan (BBPOM) Provinsi Riau, bersama Loka POM Dumai berhasil mengamankan ribuan obat dan komestik ilegal di salah satu gudang yang berada di Jalan Pepaya, Kota Dumai.

Ribuan obat dan kosmetik yang tidak memiliki izin edar dan tidak tepat lokasi penjualannya dikemas dalam kotak-kotak berukuran besar dan kecil langsung dibawa Tim penyidik BBPOM Riau dibantu pihak kepolisian setempat.

Kepala BBPOM Riau, Yosef Dwi Irwan mengungkapkan, bahwa ribuan bungkus obat dan kosmetik ini diamankan dari hasil laporan masyarakat serta pengembangan yang dilakukan oleh pihaknya bekerjsama dengan Loka POM Dumai.

“Setelah Tim melakukan penyelidikan, dimulai dari warung dan toko, akhirnya kita berhasil amankan ribuan bungkus obat dan kosmetik ilegal atau tak memiliki izin edar dari gudang yang ada di Jalan Pepaya,” katanya kemarin.

Yosef menambahkan, adapun ribuan bungkus obat dan kosmetik ilegal itu berbagai merek, ada juga obat tradisional, obat keras, dan obat untuk pria dewasa serta obat lainnya. Pihaknya juga turut mengamankan obat dan kosmetik berizin.

“Kita juga amankan seperti obat dan kosmetik memiliki izin edar, karena produk tersebut tidak bisa dijual bebas dan hanya bisa dijual dilokasi toko atau apotik yang memiliki seorang ahli kesehatan dibidangnya,” ujarnya.

Sampai saat ini pihaknya melakukan proses pemeriksaan dan belum diketahui pasti berapa jumlah produk yang pihaknya amankan, namun secara kasat mata ada ribuan bungkus dengan nilai ekonominya berkisar Rp100 juta lebih.

“Sejauh ini kita belum menetapkan tersangka pada penemuan obat dan kosmetik ilegal ini, karena memang masih dilakukan penyidikan terlebih dahulu, karena kita mengedepankan hak praduga tak bersalah,” paparnya.

BBPOM Riau mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk benar benar teliti dalam membeli obat dan kosmetik, lihat benar-benar izin edar serta tempat resmi yang menjualnya.

“Belilah obat dan kosmetik yang mengantongi izin edar. Karena ini menyakut kesehatan manusia itu sendiri. Jangan membeli produk yang tidak mengantongi izin edar,” pungkasnya.

  • Bagikan