Diklat Menwa UNS Berujung Kematian, Polisi Langsung Usut

  • Bagikan
Menwa UNS

Menit.co.id – Kegiatan Pendidikan dan Latihan Resimen Mahasiswa atau Menwa UNS (Universitas Sebelas Marat) berujung kematian terhadap seorang mahsiswa.

Mahasiswa bernama Gilang Endy di laporkan meninggal dunia setelah mengikuti kegiatan Pendidikan dan Latihan Resimen Mahasiswa atau Menwa. Polisi mulai melakukan penyelidikan terkait dengan insiden itu.

Kasat Reskrim Polresta Surakarta AKP Djohan Andika mengatakan pihaknya sedang melakukan penyelidikan terhadap kasus itu.

Dari laporan, Gilang meninggal usai menjalani Diklat Menwa UNS di sungai Bengawan Solo, Jawa Tengah, pada Minggu (24/10/2021).

Sejauh ini, polisi telah meminta klarifikasi dari sejumlah pihak yang mengetahui kasus tersebut.

Polisi juga mengaku masih menunggu hasil autopsi dari RSUD Dr. Moewardi Solo terhadap jenazah Gilang. Hasil dari itu di harapkan dapat membantu mengetahui penyebab pasti kematian Gilang.

UNS Benarkan Gilang Endy Meninggal Usai Diklat Menwa

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Ahmad Yani membenarkan Gilang meninggal usai mengikuti pendidikan dan latahihan Menwa.

Namun, dia enggan berspekulasi perihal penyebab meninggalnya mahasiswa berusia 23 tahun tersebut.

Selain mengklaim Pendidikan Menwa UNS berjalan sesuai prosedur, Ahmad berkata telah meminta konfirmasi panitia soal kronologi kasus tersebut.

Direktur Reputasi Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Sutanto menyebut ada aktivitas fisik dalam Diklat Menwa UNS yang di mulai pada Sabtu (23/10/2021).

Misalnya, peserta berjalan menuju Fakultas Teknik UNS, danau, dan sungai Bengawan Solo, tepatnya Jembatan Jurug, Jebres, Solo.

Setiba di lokasi itu, terdapat orientasi lapangan misalnya pengecekan kesehatan, pengambilan helm, hingga orientasi lapangan itu sendiri. “Ada juga materi dan pada sore hari ke markas di sini (UNS),” ujar Sutanto.

Sutanto menyebut Gilang tidak memiliki gejala kesehatan khusus. Namun, Gilang sempat mengalamu kram pada bagian kaki dan mendapat pendampingan khusus dari panitia.

Polisi telah mengamankan sejumlah barang bukti terkait dengan kasus kematian itu. Salah satunya replika senjata yang di gunakan saat pendidikan dan latihan.

Gilang di ketahui merupakan mahasiswa Vokasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja UNS. Dia merupakan angkatan tahun 2020. Gilang adalah warga Dusun Keti, Desa Dayu, Kabupaten Karanganyar.

  • Bagikan