Filep Karma, Aktivis Papua Merdeka Tewas Tenggelam

Filep Karma

Menit.co.id – Filep Karma, seorang aktivis kemerdekaan Papua mati tenggelam saat melakukan penyelaman di wilayah perairan Jayapura, Papua.

Menurut keterangan keluarga Filep Karma, kecelakaan akibat tenggelam saat menyelam menjadi penyebab aktivitas kemerdekaan Papua itu meninggal dunia.

Maya Filep Karma ditemukan pada Selasa (01/11) pagi oleh warga di bibir pantai Base G, Jayapura, Papua.

Audrey Karma, salah seorang anak Filep Karma, mengatakan bahwa ayahnya meninggal dunia karena tenggelam.

“Saya sudah ikut visum luar dan memang berdasarkan visum luar jelas bahwa bapak meninggal karena tenggelam,” kata Audrey di hadapan wartawan, Selasa siang.

Audrey berkata, bahwa ada saksi dari keluarga yang berenang bersama Felipe Karma di pantai Base G, Jayapura, pada hari Minggu (30/10) kemarin.

Saksi mata itu, lanjut Audrey, sempat berbincang dengan Felipe bahwa dia berencana menyelam, namun air naik dan membuat Filep Karma tenggelam.

“Jadi menunggu sampai air turun,” ungkap saksi mata, seperti ditirukan Audrey. Di sebutkan dia menunggu di lokasi bernama Deplat di Jayapura.

Tidak di ketahui kapan persisnya Filep kemudian memutuskan untuk menyelam di perairan itu, karena saksi mata itu meninggalkan lokasi tanpa bapak.

Pada Selasa (01/11) pagi, Audrey di hubungi melalui telepon supaya datang ke Pantai Base G, Jayapura. “Dan saya sampai di Base G, saya menemukan bapak dalam keadaan meninggal dunia,” ujarnya.