Gempa Bumi Berkekuatan 6.2 SR Guncang Sumatera Barat

Pusat Gempa Hari Ini

Menit.co.id – Gempa bumi dengan kekuatan 6.2 SR mengguncang Timut Laur Dharmas Raya Sumatera Barat pada Jumat 25 Februari 2022 pukul 08.39 WIB.

Gempa ini tidak berpotensi Tsunami, namun seluruh masyarakat berhamburan keluar rumah. Kejadian ini cukup menakutkan bagi masyarakat di sekitar wilayah gempa bumi.

Gempa bumi yang terjadi di Sumatera Barat juga terasa sampai di Kota Dumai, Provinsi Riau. Masyarakat terkejut dan berhamburan keluar rumah saat terjadi gempa bumi ini.

“Rumah saya bergoyong, saya kira bukan gempa bumi. Gempa ini dua kali terjadi, yang pertama pelan dan yang kedua cukup kuat goyangannya,” kata Dian Gunawan, warga Dumai.

Dengan memakai celana pendek, Dian langsung keluar rumah saat terjadi gempa bumi. Begitu juga dengan tetanggannya, Kak Dar langsung keluar rumah.

“Tiba-tiba air dalam tong bunyi dan bergoyang, kirain saya bukan gempa. Yang kedua cukup kuat dan saya langsung keluar meninggalkan rumah,” ucapnya terpisah.

Gempa berupa ayunan itu juga terasa kuat hingga Kota Pekanbaru. Sejumlah warga berlarian ke luar rumah karena panik. “Gempa tidak lama hanya beberapa detik saja,” kata salah seorang warga.

Namun berselang beberapa waktu, suasana kembali tenang dan terpantau kondusif. BMKG juga sudah mengeluarkan pernyataan bahwa gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami.

BMKG meminta masyarakat agar tak panik namun meningkatkan kewaspadaan serta tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tak bisa di pertanggungjawabkan.