Gempa Terkini Mengguncang Pacitan, Papua Barat dan Jogja

  • Bagikan
BMKG Gempa Hari Ini 2021

Menit.co.id – Gempa terkini mengguncang Pacitan, Jogja dan Tambrauw Papua Barat. Guncangan itu terjadi siang hari pada, Rabu, 13 Oktober 2021.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa bumi terkini berada pada koordinat 0,14 Lintang Selatan dan 133,02 Bujur Timur dengan kedalaman 10 kilometer.

Lokasi lindu berada di darat, 99 kilometer arah timur laut Kabupaten Tambrauw. Belum di ketahui pasti dampak guncangan terkini ini, baik korban maupun kerusakan di daerah tersebut.

Gempa Terkini di Kabupaten Pacitan

Selain Papu Barat, bumi bergetar hari ini mengguncang Kabupaten Pacitan. Lindu mengguncang laut pantai selatan Pacitan, Jawa Timur, Rabu 13 Oktober 2021 sekitar pukul 12.00.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut lindu berkekuatan Magnitudo 4,8.

Informasi BMKG melalui laman resmi Twitternya @infoBMKG menyebut pusat lindu berada di laut 78 km selatan Pacitan pada kedalaman 55 Km.

“#Gempa Mag:4.8, 13-Okt-21 12:00:47 WIB, Lok:8.87 LS, 110.97 BT (Pusat gempa berada di laut 78 km selatan Pacitan), Kedlmn:55,” tulis BMKG.

Menurut BMKG, getaran bumi Pacitan ini bisa di rasakan hingga Bantul dan Yogyakarta. “Di rasakan (MMI) III Pacitan, III Trenggalek, III Wonogiri, II Gunung Kidul, II Bantul, II Yogyakarta #BMKG,” lanjut akun #infoBMKG.

Getaran bumi yang melanda melanda pesisir pantai selatan Pulau Jawa ini sempat heboh di Twitter. Sebab di khawatirkan terjadi tsunami. “Gempa kuat di rasakan di pesisir Jogja hingga Jawa Timur,” tulis akun @Jogja_Uncover.

“jogja kerasa bgt gempanya,” lanjut akun @davefernandez17. “Hasil simulasi kalo ada gempa bepotensi tsunami diselatan jawa diperkiran sampai ke daratan cuma 20 menit , keburu tsunaminya dateng duluan,” komentar akun @zdnata

“Coba amati, Kak. Biasanya yang infonya keluar cepat gempa kekuatan berapa? Lebih dari M5 ‘kan? Kalau gempa kurang dari M5 emang lama, karena statusnya jadi “guncangan bumi di rasakan”.

Secara ilmu, lindu kekuatan kurang dari 5 juga enggak menyebabkan tsunami,” terang akun @ridwan_luhur

  • Bagikan