Ini Video Tragedi Kecelakaan Tol Cipularang KM 92

Video Kecelakaan Tol Cipularang

Menit.co.id – Berikut ini video tragedi kecelakaan Tol Cipularang KM 92 yang mengakibatkan banyak kendaraan mengalami insiden tubrukan dan berserakan.

Terlihat dalam video tragedi kecelakaan tol Cipularang KM 92, kita bisa mengetahui bagaimana kondisi dilapangan saat setelah kecelakaan beruntun itu terjadi.

Gambar kecelakaan di Tol Cipularang KM92 banyak beredar di media sosial Twitter. Untuk durasi video kecelakaan beruntun tersebut ada beberapa macam.

Sampai saat ini Polisi masih menyelidiki penyebab kecelakaan beruntun di Tol Cipularang yang terjadi pada Minggu (26/6) malam kemarin.

Kecelakaan ini di duga karena bus Laju Prima mengalami rem blong. Ini sesuai keterangan Kanit Laka Polres Purwakarta, Ipda Jamal Nasir.

Dia mengatakan, total 17 kendaraan yang terlibat dari kecelakaan beruntun itu. Saat ini, kendaraan sudah di evakuasi ke pool laka lantas Polres Purwakarta.

Dalam kecelakaan ini, sedikitnya ada 19 orang mengalami luka. 3 orang mengalami luka berat, dan 16 orang lainnya mengalami luka ringan.

Para korban yang terlibat dalam insiden kecelakaan di Tol Cipularang seluruhnya di rawat di RS Abdul Radjak Purwakarta.

Kemudian untuk melihat detik-detik kecelakaan tol Cipularang bisa anda tonton melalui link yang sudah kami sediakan berikut ini.

> Video Kecelakaan Beruntun

>Kecelakaan Beruntun Cipularang

>Tabrakan Beruntun Tol Cipularang

>Musibah Kecelakaan Tol Cipularang

KM 92 Tol Cipularang Kerap Mengalami Kecelakaan

Sekitar Km 92 Tol Cipularang arah Jakarta memang sering terjadi tabrakan beruntun. Pada tahun 2019 juga terjadi laka beruntun di Tol Cipularang di KM 91 arah Jakarta.

Kecelakaan tersebut melibatkan 21 kendaraan dan 4 di antaranya terbakar. Tercatat ada 9 orang meninggal dunia dan belasan orang luka-luka

Pada 18 Mei 2017, tabrakan beruntun melibatkan 10 kendaran terjadi di Km 91.400, Tol Cipularang.

Tabrakan di Tol Cipularang tahun 2017 menyebabkan empat orang meninggal dunia, dua orang luka berat, dan 26 lainnya luka ringan.

Lalu pada tahun 2011, Virginia Anggraeni, istri penyanyi dangdut Saipul Jami meninggal setelah mobil yang di tumpanginya bersama keluarga mengalami tabrakan tunggal di Tol Cipularang.

Mengutip Kompas.com, Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul, menyatakan area di sekitar Kilometer 97 Tol Cipularang memang rawan tabrakan.

“Kalau di lihat dari hasil kajian ilmiah Kilometer 90-100 secara keseluruhan, pengguna kendaraan memang harus ekstrahati-hati saat melewati jalur tersebut. Kondisi jalanan menurun dengan belokan dan kontur angin membuat pengendara harus lebih hati-hati,” kata Martinus.

Sementara itu, pakar transportasi Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof Ofyar Z Tamin menjelaskan, selain kondisi jalan, kesalahan pengendara atau faktor human error juga berpengaruh.

Menurut dia, trek jalan yang mulai menurun dari Kilometer 100 dan di tambah beban massa dari kendaraan membuat laju kendaraan bertambah cepat.

Dalam kondisi seperti itu, pengemudi harus konsentrasi penuh dalam mengendalikan laju kendaraan.

“Saat mendesain dan membangun jalan ada yang di sebut kecepatan rencana. Artinya, kendaraan akan aman jika melaju baik saat memasuki tikungan atau jalan menurun berada di bawah kecepatan rencana,” ujar Tamin.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS