Jaksa Agung Gali Sejumlah Pihak Dalam Kasus Pengadaan Alsintan 2015

    Sabtu, 5 Januari 2019 - 10:56 Editor : Redaksi Dibaca : 148 Views

    Menit.co.id Jaksa Agung HM Prasetyo mengatakan pihaknya bakal meminta keterangan terhadap siapa saja yang diduga terkait dalam dugaan penyimpangan pengadaan alat dan mesin pertanian (alsintan) tahun 2015.

    “Ya kita nanti (lihat) sejauh mana urgensinya, itu kita tidak bisa tanpa alasan dan dasar yuridis yang kuat, semena-mena memanggil seseorang. Kalau ada keterkaitan dan dianggap tahu, ya kita undang kita minta keterangan,” kata Prasetyo, Jumat (4/1/2019).

    Menurut dia, siapa pun yang diduga terkait dengan perkara tersebut termasuk Menteri Pertanian pasti akan dimintai keterangan tapi harus sesuai bukti dan fakta yang kuat. Sebab, semua memiliki hak dan kewajiban yang sama di depan hukum.

    Kini, kata Prasetyo, penanganan perkara dugaan penyimpangan pengadaan alat dan mesin pertanian tersebut sudah ada perkembangan yang baik yakni ditingkatkan dari tingkat penyelidikan ke penyidikan.

    “Setelah para penyelidik merasa cukup bukti awal ditingkatkan ke penyidikan. Kita tunggu perkembangannya nanti,” katanya.

    Sebelumnya Kejaksaan Agung mengeluarkan lima surat perintah penyidikan (sprindik) terhadap kasus dugaan penyimpangan pengadaan alat dan mesin pertanian (alsintan) tahun 2015.

    Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Mukri mengatakan lima perkara dugaan korupsi itu sampai sekarang masih penyidikan diantaranya pengadaan traktor roda dua, traktor roda empat, rice transplanter, seeding tray dan pompa air.

    “Perkaranya masih disidik ya. Penyidik masih memeriksa sejumlah saksi,” kata Mukri.

    Direktur Penyidikan (Dirdik) pada JAM Pidsus Warih Sadono menyebut sejumlah saksi telah dipanggil untuk menjalani pemeriksaan guna membuat terang perkara tersebut.

    Kejaksaan Agung juga akan berkoordinasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan Pembangunan (BPKP) untuk mengetahui potensi kerugian negara yang ditimbulkan akibat tindak pidana korupsi tersebut.

    (Inilah)



    Komentar Pembaca: