JPU Kejari Bengkalis Tuntut Tiga Kurir Sabu Seberat 55 Kg Hukuman Mati

    Jumat, 14 Desember 2018 - 16:50 Editor : Redaksi Dibaca : 98 Views

    Menit.co.id Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Bengkalis menuntut tiga terdakwa kasus peredaran sabu seberat 55 kilogram dan 46.716 butir pil ekstasi, hukuman mati. Ketiganya yaitu Dedi Purwanto, Juliar dan Andi Saputra.

    Tuntutan itu dibacakan oleh JPU Iwan Roy Carles dan Aci Jaya Saputra di Pengadilan Negeri Bengkalis, Kamis (13/12). Sidang itu dipimpin Hakim Ketua Dr Sutarno dan Hakim Anggota Muhammad Rizki Musmar, serta anggota Aulia Fhatma Widhola.

    “Ketiga terdakwa dituntut dengan hukuman mati. Melangggar pasal 114 Ayat (2) Jo Pasal 132 Ayat (1) undang-undang 35 tahun 2009,” kata Roy.

    Tiga terdakwa didampingi Penasihat Hukum Windrayanto dan Farizal. Pembacaan tuntutan dilakukan satu per satu terhadap terdakwa. Sidang berlangsung dengan penjagaan pihak ke polisian bersenjata laras panjang.

    Hal yang memberatkan terdakwa, jumlah barang bukti yang sangat besar serta peran mereka sebagai kurir yang akan mengantarkan sabu. Sidang tiga terdakwa kembali dilanjutkan pada Kamis 20 Desember 2018 mendatang dengan agenda pleidoi.

    Kasus ini merupakan pengungkapan dari Polsek Bengkalis yang berhasil mengungkap peredaran narkotika jenis sabu jaringan internasional seberat 55 Kg dan 46.716 butir pil ekstasi.

    Pengungkapan itu berada di dua lokasi. Polisi lebih dulu menangkap dua orang masing-masing Dedi Purwanto dan Juliar di Pelabuhan RoRo Bengkalis. Terhadap keduanya Polisi mengamankan 25 kilogram sabu dan 20.800 butir pil ekstasi yang dalam mobil travel ditumpangi, 25 April 2018 lalu.

    Kemudian, di hari yang sama Polsek Bengkalis langsung melakukan pengembangan. Di salah satu rumah di Desa Pasiran, polisi menangkap Andi Saputra dan mengamankan 30 kilogram sabu dan 25.918 butir pil ekstasi.

    (Merdeka)



    Komentar Pembaca: