Kabut Asap Pekat Belum Ganggu Penerbangan di Riau

    Selasa, 10 September 2019 - 11:19 Editor : Redaksi Dibaca : 75 Views

    Menit.co.id Kondisi udara di Pekanbaru diselimuti asap pekat yang membuat jarak pandang terbatas di bawah 1 Km. Lantas bagaimana kondisi penerbangan di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru?

    “Kondisi di Bandara SSK II Pekanbaru masih berjalan normal walau ada asap,” kata GM Bandara SSK II Pekanbaru, Yogy Prasetyo kepada wartawan, Selasa (10/9/2019).

    Walau asap membuat jarak pandang terbatas, menurut Yogi, pada pukul 08.27 WIB, penerbangan masih normal. Pada pukul 08.23 pesawat Batik Air dari Bandara SSK Pekanbaru bisa take off ke Jakarta.

    “Tadi pagi sudah dua pesawat landing yaitu Citilink dan Barik. Sejauh ini masih normal (walau asap,” kata Yogy.

    Menurut Yogi, jarak pandang di kawasan Bandara SSK II Pekanbaru antara 800 hingga 1 Km. Kondisi tersebut dinilai masih aman untuk aktivitas di bandara.

    “Alhamdulilah saat ini memiliki alat ILS sehingga untuk jarak pandang aman 800 – 1000 meter. Jadwal penerbangan masih normal,” kata Yogi.

    Sebagaimana di ketahui, saat ini kebakaran hutan dan laham (Karhutla) masih terjadi di Riau. Sudah berjalan dua bulan kondisi Karhutla belum bisa teratasi secara keseluruhan. Data dari KLHK, luasan kebakaran di Riau mencapai 30 ribu hektare.

    Kondisi inilah yang membuat sejumlah wilayah di Riau terkepung asap. Kondisi paling parah saat ini terjadi di Kabupaten Inhil, Pelalawan, Bengkalis, Kampar, Rohil. Kawasan tersebut dari data BPBD Riau masih terjadi kebakaran di kawasan hutan gambut.

    [detikcom]



    Komentar Pembaca: