Kapal Pengayoman IV Tenggelam di Pulau Nusakambangan

  • Bagikan
Kapal Pengayoman IV Tenggelam
Tim Basarnas dan SAR gabungan melakukan evakuasi penumpang Kapal Pengayoman IV di Cilacap, Jumat (17/9/2021). (Foto: Dok Basarnas Cilacap)

Menit.co.id – Kapal Pengayoman IV milik Direktorat Jenderal (Ditjen) Pemasyarakatan Kemenkumham tenggelam saat menyeberang ke Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (17/9) pagi.

Dua orang meninggal dunia dari peristiwa nahas tersebut.

“Iya benar, Kapal Pengayoman (IV) tenggelam, ini saya sudah ada di lokasi,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Cilacap, I Nyoman Sidakarya, saat dihubungi wartawan, Jumat (17/9/2021).

Menurut dia, kejadian tersebut terjadi pukul 08.45 WIB saat Kapal Pengayoman IV berangkat dari Dermaga Wijayapura dan hendak menuju Dermaga Sodong, Cilacap.

“Kapal Pengayoman IV berangkat dari Dermaga Wijayapura Cilacap pukul 08.45 WIB menuju Dermaga Sodong Nusakambangan dengan membawa 2 truk. Di tengah perjalanan kurang lebih 1,8 Km dan akan melakukan manuver sandar, di duga kapal terhantam angin dan arus kemudian kapal terbalik dan tenggelam,” jelasnya.

Dari data Basarnas Cilacap, terdapat 7 orang dalam Kapal Pengayoman IV yang tenggelam di perairan Cilacap itu, yakni nakhoda, ABK serta sopir truk, petugas lapas dan seorang penumpang.

Ketujuh orang tersebut, lima di antaranya dilaporkan selamat sedangkan dua orang meninggal.

Berikut ini nama-nama ABK dan seluruh penumpang dalam Kapal Pengayoman IV yang tenggelam di perairan Cilacap tersebut:

  • Bagikan