Penangkapan Kapolda Jawa Timur, Kapolri Bakal Rilis Kronologi

Kapolda Jawa Timur

Menit.co.id – Kabar penangkapan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Teddy Minahasa Putra dalam dugaan kasus narkoba nampaknya semakin terang benderang.

Meski tidak membenarkan secara terang dari internal kepolisian, kabarnya ekspos akan secara langsung disampaikan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Penegasan itu disampaikan langsung oleh Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Polri Irjen Dedi Prasetyo, sebagaimana laporan yang termuat di Kompas.com.

“Sore ini akan disampaikan rilis oleh Bapak Kapolri,” katanya.

Adapun pada siang hari ini muncul isu bahwa Irjen Pol Teddy Minahasa Putra diamankan Divisi Propam Polri terkait kasus narkoba. Namun, belum ada penegasan langsung terkait hal ini.

Pada Jumat hari ini, Presiden RI Joko Widodo mengumpulkan Kapolri dan jajarannya di Istana Presiden, Jakarta. Para personel yang dikumpulkan mulai dari pejabat utama Polri, kapolda, hingga kapolres.

Para pati bintang dua hingga ke bawah berkumpul di Gedung STIK-PTIK, Jakarta, untuk berangkat ke Istana Presiden dengan menaiki bus.

Sebelumnya, Kapolda Jawa Timur (Jatim), Irjen Pol Teddy Minahasa dikabarkan ditangkap oleh Propam Mabes Polri terkait kasus narkoba.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Syahroni. “Sementara di duga benar. Kalau nggak salah narkoba” katanya.

Tidak hanya Ahmad Syahroni, anggota komisi III DPR lainnya juga mendengar kabar yang sama. Habiburokhma mengatakan hal yang sama.

“Benar ada rumor seperti itu (Teddy Minahasa di tangkap), saya sedang cari informasi lagi,” lanjutnya.

Habiburokhman juga mendengar kalau penangkapan itu terkait dengan narkoba. Terlepas itu, dia mendukung Polri bersih-bersih.

“Rumornya terkait narkoba,” katanya. “Tapi apapun itu kami 100% dukung Kapolri lakukan bersih-bersih,” lanjut Habiburokhman.

Untuk di ketahui, Teddy Minahasa ditetapkan sebagai Kapolda Jatim berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/2134 IX/KEP/2022. Posisi Kapolda Jatim itu sebelumnya diduduki Irjen Nico Afinta.

Irjen Teddy Minahasa dikteahui sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sumatera Barat (Sumbar) sejak tahun 2021 lalu menggantikan Irjen Tony Harmanto.

Akhirnya, Irjen Teddy Minahasa dipindahkan sebagai Kapolda Jawa Timur dan dibebankan untuk menyelesaikan kasus Kanjuruhan.