Kasus Vina Cirebon Terbaru: 1 Saksi Ajukan Perlindungan ke LPSK dan Polisi Geledah Rumah Pegi Perong

Kasus Vina Cirebon Terbaru

MENIT.CO.ID – Kasus Vina Cirebon terbaru adalah munculnya salah seorang saksi dalam kasus pembunuhan Vina dan Eky di Cirebon mengajukan permonohan perlindungan.

Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) mengungkapkan bahwa seorang saksi dalam kasus pembunuhan Vina dan pacarnya, Rizky atau Eky, di Cirebon telah mengajukan permohonan perlindungan.

LPSK sedang menelaah lebih lanjut permohonan tersebut.

“Kami bertindak proaktif dan berkoordinasi terkait kasus Vina dan akan melanjutkan penelaahan lebih lanjut terkait kasus ini. Sudah ada satu saksi yang mengajukan permohonan ke LPSK,” ujar Wakil Ketua LPSK Susilaningtias di Auditorium LPSK, Jakarta Timur, Rabu (22/5/2024).

Susilaningtias juga menyatakan bahwa hingga kini LPSK belum menerima permohonan perlindungan dari keluarga korban. Permohonan perlindungan baru datang dari saksi.

“Keluarga korban belum melapor ke LPSK, hanya saksi saja yang mengajukan. Sejauh ini permohonan masih terkait pendampingan, kami masih melakukan penelaahan lebih lanjut,” kata Susi.

LPSK terus berkoordinasi dengan pengacara terkait kondisi keluarga korban. Susilaningtias mengatakan pihaknya siap menindaklanjuti jika keluarga korban mengajukan permohonan perlindungan.

“Kami sudah melakukan kontak dengan kuasa hukum keluarga korban. Jika keluarga korban ingin mengajukan permohonan perlindungan, kami siap menindaklanjuti,” ungkap Susi.

Kuasa hukum keluarga korban telah merespons positif, tinggal menunggu waktu saja. Saat ini baru satu saksi yang mengajukan permohonan perlindungan,” lanjut Susi.

Terkait mantan narapidana dari kasus Vina yang baru saja bebas, LPSK menyatakan masih mendalami informasi lebih lanjut. LPSK terbuka bagi siapa saja yang mengajukan permohonan perlindungan ke lembaga ini.

“Kami akan menelaah lebih lanjut apakah orang tersebut memiliki informasi penting berkaitan dengan kejahatan ini. Jika ada ancaman atau intimidasi terhadap saksi dan korban, itu bisa diajukan untuk perlindungan,” ucap Susi.

Wakil Ketua LPSK Sri Nurherawati menegaskan bahwa pihaknya sangat terbuka untuk keluarga atau saksi yang ingin mengajukan permohonan perlindungan. Setiap permohonan akan diproses sesuai prosedur yang berlaku.

“Sejauh ini baru ada saksi saja yang mengajukan. Kami sangat terbuka, tentunya melalui prosedur yang ada,” imbuhnya.

Kasus Vina Cirebon Terbaru: Polisi Geledah Rumah Pegi Setiawan alias Perong

Pihak kepolisian membenarkan rumah yang digeledah di Blok Simaja Desa Kepongpongan, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, adalah kedaiaman dari Pegi Setiawan alias Perong, salah satu DPO kasus pembunuhan serta pemerkosaan Vina Dewi Arsita pada 2016 silam.

Kasatreskrim Polres Cirebon Kota, AKP Anggi Prasetyo, mengatakan penyidik melakukan penggeledahan untuk mencari bukti dari keterlibatan Pegi dalam kasus yang sudah diangkat ke layer lebar tersebut.

“Benar, rumah yang digeledah merupakan kediaman dari saudara PEG,” kata Anggi di lokasi, Rabu, 22 Mei 2024.

Anggi mengungkapkan petugas yang melakukan penggeledahan tersebut merupakan petugas gabungan dari Direktorat Kriminal Umum (Ditkrimum) Polda Jabar dan Polres Cirebon Kota.

Menurut Anggi penggeledahan yang dilakukan oleh petugas gabungan ini merupakan salah satu prosedur dalam proses penyelidikan. Pihaknya juga bertemu dengan pihak keluarga dari Pegi.

“Ada tiga orang yang kita temui, yang merupakan keluarga dari PEG,” jelas Anggi.

Anggi sendiri tidak menjawab mengenai apa saja hasil pennggeledahan yang dilakukan oleh petugas. Karena menurut Andi, langkah yang dilakukan saat ini, masih bersifat penyidikan.