Kebakaran Kilang Pertamina Balikpapan Bikin Panik Warga Sekitar

Kebakaran Kilang Pertamina Balikpapan
Kebakaran Kilang Pertamina Balikpapan. (Sumber Foto: KaltimKita)

MENIT.CO.ID – Musibah kebakaran Kilang Pertamina Balikpapan bikin panik warga sekitar. Kilang minyak Balikpapan milik Pertamina mengalami kebakaran pada Sabtu (25/5/2024).

Melansir dari Tribunnews, kebakaran terjadi sekitar pukul 05.00 Wita, namun informasi terkini insiden tersebut terjadi pukul 04.20 Wita.

Kebakaran Kilang Pertamina Balikpapan membuat warga di sekitar panik, sebab terlihat api besar yang disertai asap hitam pekat membumbung tinggi ke udara.

“Paniklah Mas, itu kan dekat dan sangat jelas sekali apinya besar begitu. Baru kan yang terbakar ini minyak apa nda ngeri itu,” ujar Arif warga Kampung Baru.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kronologi insiden kebakaran ini terjadi di Plant 1 (CDU IV) Kilang RU V Balikpapan.

Sebelum kebakaran, kilang beroperasi normal dengan kapasitas CDU IV sebesar 174 MBSD dan HVU II sebesar 40 MBSD.

Namun, sekitar pukul 04:25 Wita, tim operasi melaporkan adanya suara letupan di sekitar area CDU IV dekat Kerosene Stripper Column.

Segera setelah itu, tim petugas melakukan upaya pengamanan dengan sistem ESD (Emergency Shutdown) pada CDU-IV, NHT-PLF dan melakukan normal shutdown pada HVU II dan HPU A.

Api berkobar selama kurang lebih setengah jam sebelum tim pemadam kebakaran Pertamina berhasil mengendalikannya.
Proses pemadaman berlangsung hingga pukul 08:00 Wita dan melibatkan enam unit fire truck dari RU V , satu unit dari PHM, serta gun monitor di sekitar kejadian.

Pihak Pertamina Balikpapan menyatakan seluruh stakeholder Kota Balikpapan termasuk Kapolda, Pangdam, Walikota, dan Kapolres, sudah mengetahui kejadian ini.

Tim pemadam kebakaran dari Pertamina Group di Balikpapan seperti PHM, PHKT, dan C and T juga dikerahkan untuk membantu proses pemadaman.

“Demikian laporan awal yang dapat disampaikan. Mohon maaf atas kejadian ini dan mohon doanya agar proses pemadaman dapat segera diselesaikan dengan aman dan terkendali. Atas perhatiannya, diucapkan terima kasih,” ujar Manajemen Pertamina Balikpapan, Arafat Bayu Nugroho dalam press release yang diterima media pada pagi ini.

Musibah kebakaran Kilang Pertamina Balikpapan tidak menimbulkan korban jiwa. Kini kondisi pendinginan di area kilang yang terbakar sudah teratasi.