Kebakaran Pabrik Triplek Bandung, Warga Dengar Ledakan

Kebakaran Pabrik Triplek Bandung

Menit.co.id – Kebakaran pabrik triplek Bandung terjadi di Jalan Soekarno Hatta No 501, Kelurahan Cijagra, Kecamatan Lengkong, sudah berlangsung hampir 10 jam.

Tim pemadam kebakaran hingga kini masih terus melakukan pemadaman api yang membakar pabrik triplek Bandung.

“Sampai pagi ini masih dalam proses pemadaman,” kata Kepala Bidang Kesiapsiagaan Operasi Pemadaman dan Penyelamatan Diskar PB Kota Bandung M Yusuf Hidayat, Selasa (25/10/2022).

Menurut dia, puluhan petugas dan armada pemadam kebakaran sejak tadi malam hingga pagi ini masih terus berjibaku memadamkan api.

Api masih berkobar di beberapa titik, menghanguskan material kayu dan kardus yang cukup banyak. “Kendalanya karena banyak bahan mudah terbakar, yaitu kardus dan triplek,” jelas dia.

Selain itu, pabrik tersebut juga cukup luas mencapai 2.000 meter persegi.

Luasnya wilayah menjadi tantangan tersendiri bagi petugas pemadam kebakaran dari Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung.

Kebakaran pabrik triplek Bandung terjadi pada pukul 20.35 WIB, Senin (24/10/2022). Belasan unit mobil kebakaran dan ambulance telah dikerahkan ke lokasi.

Dadang Suryadi (48), warga sekitar lokasi kebakaran, menyatakan api pertama kali terlihat menyala di bagian atas gudang.

“Awalnya itu terlihat dari atas pabrik, langsung merembet ke seluruh bangunan,” kata Dadang, warga Komplek Perumahan Cijagra, Kecamatan Lengkong.

Saat api mulai membesar, Dadang menyebutkan, terdengar suara ledakan. Dia menduga, ledakan itu bersumber dari cairan thinner yang ada di dalam gudang.

“Kaya itu dari thinner yang ada di dalam pabrik, soalnya langsung keluar asap hitam di atas,” sebutnya.