Kecelakaan LRT Jabodebek Terjadi Saat Uji Coba

  • Bagikan
Kecelakaan LRT Jabodebek

Menit.co.id – Kecelakaan LRT Jabodebek di jalur Cibubur pada Senin (25/10/2021) gegerkan publik. Kecelakaan itu terjadi saat sedang di lakukan uji coba.

Kecelakaan terjadi pada pukul 13.00 WIB di lintasan Stasiun Harjamukti-Stasiun Ciracas yang melibatkan dua trainset yakni trainset nomor 29 dan trainset nomor 20.

Terkait peristiwa itu, Direktur Utama INKA Budi Noviantoro menyampaikan permintaan maafnya kepada pada pihak yang terlibat dalam proyek pembangunan LRT Jabodebek.

Utamanya pada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

“Saya atas nama Dirut dan direksi PT INKA memohon maaf pada semua pihak, kepada Pak Menhub, Menteri BUMN, yang terkait juga Menko Marves khususnya yang membantu luar biasa,” ungkap Budi.

Warga Abadikan Video Kecelakaan LRT Jabodebek

Berdasarkan video yang beredar, dua kereta LRT dari arah yang berlawanan saling bertabrakan. Warga yang mengabadikan kejadian itu menyebut peristiwa tabrakan terjadi siang hari.

Gulkarmat Jakarta Timur telah mengerahkan satu unit penyelamatan dari sektor Cipayung ke lokasi kecelakaan LRT Jabodetabek.

Kepala Seksi Operasional Gulkarmat Jakarta Timur, Gatot Sulaeman mengatakan kereta LRT tersebut dalam tahap uji coba. Kemudian tidak ada penumpang di dalamnya.

“Karena informasi sedang uji coba, katanya kosongan tuh kereta. Tim juga belum juga dapat data akurat,” ujar Gatot di seperti laporan Antara.

Dari video yang beredar di media sosial, terlihat gerbong kereta LRT mengalami kerusakan dan terangkat.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT LRT Jakarta, Ira Yuanita, mengatakan LRT yang mengalami kecelakaan saat uji coba di jalur layang ruas Munjul, Jakarta Timur, adalah LRT Jabodetabek.

Bukan PT LRT Jakarta. “Yang viral tersebut merupakan LRT Jabodetabek, bukan kita,” ujar Ira.

Ujicoba LRT Jabodetabek rute Cibubur-Cawang sudah berlangsung sejak November 2019.

Pada tahap uji coba perdana yang di lakukan pada 28 November 2019 lalu. Kereta di jalankan dari Stasiun Harjamukti, Cibubur, hingga TSN 1 sebelum Stasiun Ciracas.

Layanan Cibubur-Cawang melewati empat stasiun. Di mulai dari Taman Mini Indonesia Indah, Kampung Rambutan, Ciracas, sampai Harjamukti Cibubur dengan panjang Trase 14,5 kilometer.

  • Bagikan