LANAL Dumai Amankan 36 TKI Non Prosedural dari Malaysia

LANAL Dumai Amankan 36 TKI Non Prosedural dari Malaysia

MENIT.CO.ID – Sebanyak 36 orang Tenaga Kerja Indonesia non prosedural dari Malaysia masuk secara ilegal ke Indonesia tepatnya di Pantai Pelintung, Medang Kampai, Dumai.

Tim reaksi cepat Lanal Dumai berhasil mengamankan sebanyak 36 orang tenaga kerja Indonesia non prosedural dari Malaysia yang masuk ke Indonesia tersebut.

Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (P) Kariady Bangun, mengatakan bahwa 36 TKI ini diamankan ketika sedang menunggu mobil jemputan untuk diantar menuju Terminal Bus Kota Dumai.

Dari 36 orang TKI ilegal tersebut terdiri 24 laki-laki dan 12 perempuan. Mereka berhasil diamankan Tim Reaksi Cepat Lanal Dumai setelah beberapa jam melakukan pendalaman.

“Kita menerima laporan ada pekerja migran Indonesia dari Malaysia akan masuk secara ilegal lewat perairan kita. Kita langsung turunkan tim ke pesisir Pantai Pelintung,” katanya, Jumat (29/12/2023).

Selanjutnya, puluhan TKI yang berhasil diamankan dibawa menuju ke Mako Lanal Dumai untuk dilaksanakan pemeriksaan dan pengecekan barang-barang bawaan.

Di mana dalam pemeriksaan itu, kata dia, Tim Reaksi Cepat Lanal Dumai tidak menemukan barang atau benda ilegal berbahaya lainnya yang mereka bawa dari Malaysia.

‚ÄúPara TKI Non Prosedural ini melakukan pelanggaran UU 18 tahun 2017 tentang perlindungan pekerja migran Indonesia, selanjutnya mereka bersama barang bukti diserahkan ke P4MI Dumai,” jelasnya.

Keberhasilan TNI AL ini, lanjutnya merupakan salah satu bentuk kesiapan dan kesiapsiagaan Lanal Dumai dalam menghadapi berbagai ancaman tindak pidana perdagangan orang di wilayah kerja.

“Penindakan ini sesuai intruksi dari Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali, dalam menjaga perairan Indonesia dari berbagai ancaman,” pungkas Kariady Bangun.