Operasi Patuh 2021 Dilaksanakan Secara Serentak di Indonesia

  • Bagikan
Operasi Patuh 2021

Menit.co.id – Operasi Patuh 2021 dilaksanakan secara serentak di Indonesia. Seluruh personel Polri yang ada di Indonesia melaksanakan Operasi Patuh 2021.

Konsep Operasi Patuh 2021 kali ini berbeda. Yaitu tidak adanya razia dan hanya penindakan di tempat melalui patroli keliling oleh anggota polisi lalulintas.

Operasi Patuh kali ini juga mengendepankan edukasi dan sosialisasi tentang bagaimana berkendara yang baik sesuai prosedur berlaku di Indonesia.

Polisi juga akan melaksanakan Operasi Patuh ke sekolah-sekolah untuk memberikan pelajaran bagaimana mereka pelajar bisa disiplin berlalu lintas.

Selain tidak melakukan razia di jalan, namun ada beberapa pelanggaran menjadi target khusus untuk di tertibkan antara lain knalpot bising dan tidak menggunakan helm.

Kemudian ada penindakan terhadap penggunaan rotator dan sirine yang tidak sesuai aturan. Tak di pungkiri masih banyak temuan kendaraan plat hitam yang menggunakan rotator dan sirine di jalan.

Padahal sesuai UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) hanya ada 7 golongan yang punya hak prioritas di jalan dan hanya ada 3 kelompok yang di perbolehkan menggunakan rotator.

Yakni rotator warna biru untuk Polri dan TNI. Kemudian, rotator merah untuk kendaraan darurat seperti pemadam kebakaran dan mobil ambulan.

Selanjutnya rorator kuning untuk pekerjaan umum dan angkutan berat di luar itu tidak di perbolehkan menggunakannya. Jika di jalan raya di temukan kasus ini makan akan di berikan tindakan.

Penindakan selanjutnya terhadap pelaku balapan liar. Semakin hari, semakin banyak pelaku balapan liar yang kucing-kucingan dengan petugas.

Polri akan memberikan penindakan intensifkan terhadap pelaku balapan liar. Operasi Patuh 2021 melibatkan TNI untuk menyusur wilayah-wilayah yang potensi kerumunan.

  • Bagikan