Orang Utan Raksasa Kalimantan Muncul ke Permukiman Warga

Orang Utan Raksasa Kalimantan Muncul ke Pemukiman Warga
Orang Utan Raksasa Kalimantan Muncul ke Pemukiman Warga

MENIT.CO.ID – Baru-baru ini viral di media sosial sebuah video merekam seekor Orang Utan raksasa Kalimantan muncul ke permukiman warga.

Seekor orang utan berukuran sangat besar mengejutkan warga Kalimantan Timur. Penampakan orangutan yang tidak biasa ini terekam dalam video yang diunggah oleh pengguna TikTok, Khoiqul Qomarudinn, yang memperlihatkan orangutan tersebut sedang bermain di bawah pohon di dekat permukiman.

Kejadian ini bermula saat Khoiqul melihat orangutan tersebut masuk ke area permukiman warga dan tampak santai di bawah pohon.

Yang membuat heboh adalah ukuran orangutan ini yang terlihat sangat besar, hampir setinggi rumah di samping pohon tempat ia bermain.

“Penemuan hari ini besar banget,” tulis Khoiqul di keterangan unggahannya.

Video tersebut segera menjadi viral dan menarik banyak perhatian dari netizen. Banyak yang merasa prihatin dengan nasib orangutan tersebut, menduga bahwa ia kehilangan habitat aslinya akibat deforestasi.

“Mungkin sudah tidak nyaman di habitatnya ya, karena banyak penebangan hutan, bingung cari makan,” ujar @ti*****.

“Orangutan di mana ini? Jangan diusir, kasihan,” kata @ul****.

“Tangkap dan kembalikan ke habitatnya, kasihan,” timpal @bu****.

Sementara itu, menurut situs Britannica, ukuran orangutan normalnya mencapai 1,3 meter hingga 1,5 meter, dengan lengan yang bisa mencapai panjang 2,2 meter.

Banyak warganet menduga ukuran raksasa orangutan ini mungkin disebabkan oleh perspektif kamera atau perangkat perekam yang digunakan.

BKSDA Selidiki Video Orang Utan Raksasa Kalimantan Dekat Permukiman Warga

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Timur merespons beredarnya video penampakan orang utan.

Kepala BKSDA Kaltim, Ari Wibawanto, menyatakan bahwa pihaknya sedang menyelidiki video tersebut. Lokasi pengambilan video masih belum diketahui secara pasti.

“Sejak kemarin kami sudah berusaha mengidentifikasi dan menelusuri melalui media sosial dan lainnya. Teman-teman WRU (Wildlife Rescue Unit) juga sedang mencari lokasi yang disebutkan (Kutim),” kata Ari, Selasa (9/7/2024).

Dalam video tersebut, terlihat seekor orang utan berukuran besar bermain di sebuah pohon dekat rumah warga, tingginya hampir setara dengan rumah tersebut.

Ari menjelaskan, orang utan dalam video tersebut adalah orang utan jantan berusia lanjut. Ukurannya tampak besar, namun menurutnya hal ini mungkin disebabkan oleh sudut pengambilan gambar yang membuat orang utan terlihat lebih besar dari biasanya.

“Perhatikan sudut pengambilan videonya, diambil dari bawah, dan kita tidak tahu jarak rumah tersebut. Jadi, kesan besar itu karena sudut pengambilan video yang cukup bagus,” ungkapnya.

Ari juga menjelaskan bahwa orang utan yang masuk ke permukiman atau jalan raya masih tergolong wajar, mengingat mereka adalah jantan tanpa wilayah teritori.

“Mereka mencari betina atau makanan, jadi mereka tidak memiliki wilayah tetap dan cenderung berkeliling seperti petualang,” jelasnya.

Selain itu, ukuran orang utan yang besar membuatnya kesulitan untuk memanjat pohon. “Mereka tidak sanggup memanjat pohon karena berat badannya yang besar,” tambahnya.

BKSDA belum dapat memastikan lokasi pengambilan video karena video tersebut sudah dihapus oleh pengunggah pertama. “Informasi masih simpang siur. Pengunggah pertama video itu sudah menghapusnya, sehingga kami kesulitan mencari informasi lebih lanjut, namun kami terus mencari lokasi yang sesuai dengan video tersebut,” terangnya.