Penduduk Gunung Semeru Bubar, Abu Vulkanik Membumbung Tinggi

penduduk gunung semeru bubar

Menit.co.id – Penduduk Gunung Semeru bubar hari ini. Sebabnya adalah meletus dan muntahkan abu vulkanik mengerikan hingga membumbung tinggi.

Gunung tertinggi di Pulau Jawa itu mengeluarkan awan panas hingga 1,5 kilometer. Penduduk yang berada di bawah berhamburan keluar rumah menjauhi abu vulkanik Gunung Semeru.

Gunung Semeru meletus hari ini, Sabtu 4 Desember 2021, sore. Berita Gunung Semeru menjadi trending di seluruh media di Indonesia pada hari ini.

Berita Gunung Semeru hari ini menceritakan kondisi kejadian alam yang menggambarkan awan panas membumbung tinggi hingga mengerikan bagi penduduk setempat.

Dalam rekaman video amatir yang beredar. Warga berusaha menyelamatkan diri dan mengungsi dari rumah mereka.

“Warga Desa Sumberwulung mengungsi, terjadi erupsi Gunung Semeru. Semua orang khawatir. Semua orang ketakutan mengungsi,” ujar seorang pria dalam video.

“Ya Allah, ALlah Akbar. Ya Allah,” teriak salah seorang warga yang ketakutan sambil berlari menghindari awan panas.

Gunung Semeru meletus dengan mengeluarkan gulungan awan panas yang membuat warga panik dan suasana mencekam. Masyarakat berlarian ke jalan menjauh dari arah gunung.

Gunung Semeru ada di mana?

Gunung Semeru terletak di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mengeluarkan erupsi hasil letuskan dan abu vulkanik mengerikan.

Akibat aktivitasnya itu, masyarakat dan penggali pasir di aliran Sungai Leprak berlarian menjauh menghindar asap pekat.

Gunung yang memiliki ketinggian 3.676 meter itu mengeluarkan hujan abu vulkanik di sekitar Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang, Jawa Timur.

Belum di ketahui apakah ada korban jiwa dalam musibah alam ini. Yang jelas, aktivitas abu vulkanik dari atas gunung cukup mengerikan bagi penduduk setempat.