Penyebaran Virus Covid-19 di Kota Pekanbaru Semakin Meningkat

  • Bagikan
Penyebaran Virus Covid-19 di Kota Pekanbaru Semakin Meningkat

Menit.co.id – Penyebaran virus Covid-19 di Kota Pekanbaru semakin meningkat. Kota Beruah itu saat ini menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 penyebaran Covid-19.

Untuk itu selama pemerapan PPKM level ini masyarakat diminta proaktif mengikuti aturan yang ada mengingat saat ini wabah virus corona makin mengganas.

Sementara untuk para tim Satgas Covid-19 diminta untuk mengecek sejak dini ketersediaan oksigen tepenuhi bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Kasus penambahan angka Virus Covid-19 semakin hari semakin bertambah, Pemko Pekanbaru harus belajar dari daerah lain yang saat ini masih kesulitan mendapatkan oksigen untuk pasien Covid-19,” ungkap Ketua Komisi III DPRD Kota Pekanbaru, Yasser Hamidy, Senin (26/7/2021).

Menurut politisi PKS ini, ada peran eksekutif dalam memantau keberadaan dan suplay oksigen buat warga yang memang sekarang membutuhkan oksigen di masa-masa seperti ini.

“Ketersediaan ruangan ICU di beberapa rumah sakit semakin minim, jangan sampai kasus seperti di India terjadi di Pekanbaru,” tutupnya.

Pantaun di lapangan, saat ini beberapa aktivitas pusat perbelanjaan, mal yang ada di area Jalan Sudirman terpantau ditutup.

Untuk aktivitas masyarakat di sepanjang jalan protokol ini ramai lancar, dan belum terlihat tanda-tanda penyekatan atau pengalihan arus lalu lintas.

Untuk diketahui juga hari ini Pemerintah Kota Pekanbaru akan menggelar Apel Gelar Pasukan Pelaksanaan PPKM level IV di halaman MPP atau halaman Eks Kantor Walikota Pekanbaru Jalan Jenderal Sudirman.

Pekanbaru Bentuk 9 Tim Awasi PPKM Level 4

Sembilan tim dibentuk guna mengawasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4, Senin (26/7/2021) di Kota Pekanbaru.

Asisten I Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru, Azwan menyebut bahwa ada Tim Satuan Pengawasan dan Pengendalian Kebijakan PPKM level 4 di Kota Pekanbaru.

Azwan mengatakan bahwa tim ini bertugas melakukan pengawasan dan penindakan terhadap pelanggar dalam PPKM ini. Ada sembilan tim kecil yang melakukan pengawasan terhadap aktivitas masyarakat selama dua pekan mendatang.

Mereka mengawasi semua sektor masyarakat hingga 8 Agustus 2021 nanti. Azwan memaparkan ada tim pengawasan perkantoran sektor esensial dan non esensial.

Ada juga tim pengawasan sektor pendidikan. Lalu tim pengawasan sektor pariwisata, kuliner, hotel dan fasilitas umum.

Kemudian tim pengawasan sektor pasar, pusat perbelanjaan dan toko modern. Lalu tim pengawasan sektor rumah ibadah.

Ada juga tim penyekatan perbatasan. Ia menyebut ada tim yustisi, penegakan hukum dan hunting yang melakukan penindakan terhadap para pelanggar dalam PPKM level 4.

Kemudian Tim 3T, Vaksinasi, Obat-Obatan dan Evakuasi isolasi mandiri. Ada juga tim data, informasi dan pelaporan.

Azwan menyebut bahwa seluruh tim ini bertugas secara efektif mulai Senin. Ia menyebut Wali Kota Pekanbaru bakal melakukan sosialisasi langsung bersama unsur forkopimda.

Mereka melakukan sosialisasi agar masyarakat bisa mengikuti poin pembatasan selama PPKM level 4. Ada apel gelar pasukan jelang penerapan PPKM yang memasuki level darurat ini.

“Ada arahan langsung dari wali kota kepada seluruh tim. Mereka memulai pengawasan langsung mulai Senin sore,” ujarnya.

Tim sudah menyiapkan teknis pelaksaan di lapangan. Mereka harus memastikan pelaksanaan pengawasan dengan baik.

  • Bagikan