Ritual Pantai Payangan Jember Menelan Korban Jiwa 11 Orang

Ritual Pantai Payangan

Menit.co.id – Ritual Pantai Payangan akhirnya menelan korban jiwa sebanyak 11 orang di Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur.

Ritual Pantai Payangan sendiri telah di ikuti sebanyak 24 orang. Dari 24 orang, 11 di nyatakan meninggal dunia setelah terseret ombak.

Spontan saja ritual maut ini menjadi kabar duka mendalam bagi keluarga 11 korban meninggal dunia. Ini menjadi kisah memilukan akhir pekan ini.

Kronologi ritual maut di Pantai Payangan Jember ini terjadi pada Minggu 13 Feberuari 2022 dini hari. Para korban berangkat ke lokasi ritual pada Sabtu 12 Feberuari 2022.

Pantai Payangan Jember yang menjadi objek wisata di daerah itu menjadi lokasi berduka. 11 korban jiwa melayang akibat ganasnya ombak pantai tersebut.

Para korban yang melaksanakan ritual terseret ombak itu berasal dari Padepokan Tunggal Jati Nusantara. Mereka sebelumnya sudah di ingatkan petugas.

Menurut Kapolres JemberAKBP Heri Purnomo, para korban di duga hanyut akibat ombak besar yang terjadi, karena memang cuaca yang tidak bersahabat di lokasi kejadian.

“Saat ini pencarian sedang terus dilakukan terhadap satu orang korban yang belum di temukan oleh tim SAR, Polisi, dan juga di bantu warga setempat yang memang rata rata nelayan.

Saat ini viral di media sosial, saat warga mengevakuasi korban ritual maut di Pantai Payangan, Desa Sumberejo, Kabupaten Jember.

Terlihat dari video ombak di lokasi pantai masih cukup tinggi. Video amatir itu memperlihatkan warga langsung menaruh jenazah ke pinggir pantai.

Menurut warga Ambil, Pantai Payangan memang tergolong ganas karena kerap kali terjadi kecelakaan laut. Biasanya petugas pantai meminta warga tidak mandi atau bermain di laut.

Nama 11 Korban Tewas Ritual Pantai Payangan Jember

Dari informasi yang di himpun, berikut daftar 11 nama korban tewas saat melaksanakan ritual Pantai Payangan Jember Hari ini:

1. Kholifah warga Desa Gugut, Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember.

2. Bu Syaiful, warga Desa Krasak, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember.

3. Ida warga Tawangalun, Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember.

4. Pinkan (13) warga Tawangalun, Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember.

5. Bu Bintang, warga Kelurahan Gebang, Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember.

6. Sofi (22) warga Desa Dukuhmencek, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember.

7. Arisko (21) warga Desa Dukuhmencek, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember.

8. Musni (55) warga Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember

9. Febri (28) warga Kabupaten Bondowoso.

10. Yuli warga Kecamatan Panti, Kabupaten Jember.

11. Syaiful (40) warga Desa Krasak, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember.

Untuk korban belum di temukan masih dalam pencarian Tim Basarnas Jember, TRC BPBD Jember, SAR Rimba Laut, dan Relawan lainnya.

Adapun korban Pantai Payangan yang belum di temukan itu adalah bernama Syaiful (40) warga Desa Krasak, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember.