Siapa Mantan Suami Dina Lorenza? Ini Sosok Gathan Saleh Hilabi

Mantan Suami Dina Lorenza

MENIT.CO.ID – Mantan suami Dina Lorenza bernama Gathan Saleh Hilabi, menjadi sorotan publik setelah terseret kasus dugaan penembakan di Jakarta Timur.

Gathan Saleh Halibi, merupakan mantan suami Dina Lorenza dan Cut Keke, diduga terlibat dalam sebuah kasus penembakan di daerah Jatinegara, pada hari Kamis (8/2/2024).

Insiden dimulai ketika Mohammad Andika Mowardi (32) sedang berjalan sendirian setelah membeli makanan dan bertemu dengan pelaku di wilayah parkir perkantoran.

Tanpa alasan yang jelas, mantan suami Dina Lorenza mendekat sambil menarik senjata api yang dimilikinya, yang kemudian mengakibatkan terjadinya penembakan.

Berdasarkan laporan, pelaku diduga terlibat dalam tindak kejahatan sebagaimana diatur dalam Pasal 338 KUHP tentang Pembunuhan atau Pasal 53 KUHP tentang Percobaan Pembunuhan.

Pelaku juga diduga melanggar Pasal 1 ayat 1 dari UU Darurat No. 12 tahun 1951 tentang kepemilikan dan penggunaan senjata api tanpa izin.

Siapa Gathan Saleh Hilabi?

Gathan Saleh adalah mantan suami dari dua artis senior Indonesia, yaitu Dina Lorenza dan Cut Keke. Gathan resmi menikah dengan Cut Keke pada bulan November 2001, namun hubungan mereka berakhir pada tahun 2005.

Kemudian, pada tahun 2008, Gathan menikahi Dina Lorenza. Namun, pernikahan mereka juga berakhir pada tahun 2018 setelah sepuluh tahun menjalani rumah tangga. Dari pernikahan tersebut, mereka memiliki seorang putri bernama Najla Gathan Hilabi.

Pada tahun 2019, Gathan Saleh ditangkap atas dugaan penganiayaan terhadap Steffano Ellya Tintingon, asisten Nathalie Holscher.

Insiden tersebut terjadi setelah Gathan ditegur karena mencoba menggoda Nathalie Holscher. Gathan kemudian dijadikan tersangka dalam kasus tersebut, meskipun akhirnya keduanya memilih menyelesaikan masalah secara damai.

Pada tahun 2011, Gathan Saleh Hilabi terlibat dalam sebuah kasus dugaan penipuan terkait perdagangan senjata api dan pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) secara ilegal.

Permasalahan ini muncul setelah Abdul Hakim melaporkannya karena tidak mendapatkan dokumen izin kepemilikan senjata api setelah membayar lebih dari Rp50 juta kepada Gathan Saleh Hilabi.

Meskipun demikian, Gathan membantah tuduhan tersebut dan mengklaim bahwa ia tidak pernah melakukan transaksi jual-beli senjata api secara ilegal. Menurutnya, kerjasamanya dengan Abdul terbatas pada urusan pengiriman TKI ke luar negeri.

Pada tahun 2021, Gathan Saleh Hilabi bersama seorang rekan yang disebut F, ditangkap di sebuah vila di Purwakarta oleh Polres Purwakarta karena diduga memiliki narkoba jenis ganja.

Diketahui bahwa Dina Lorenza juga telah mengalami dua kali pernikahan. Pada tahun 2002, ia secara resmi menjadi istri dari pebalap Indonesia, Muhammad Herukusuma, dan pada tahun 2008, ia menikah dengan Gathan Saleh Hilabi.