Kompolnas Respon Spanduk Desakan Copot Kapolres Kampar

Copot Kapolres Kampar

Menit.co.id – Polemik bertebaran spanduk desakan copot Kapolres Kampar AKBP Rido Purba rupanya sampai ke telingga Komisioner Kompolnas.

Kompolnas masih menunggu penelusuran Propam Polda Riau terkait Kapolres Kampar yang di minta di copot karena di nilai arogan oleh masyarakat.

Namun demikian, Kompolnas mengingatkan polisi agar bersikap ramah dalam menjalankan tugas.

“Kita tunggu hasil pemeriksaan Bid Propam Polda Riau ya. Kapolda sudah tepat dengan melakukan tindakan cepat merespons hal ini. Di harapkan dengan adanya pemeriksaan Propam akan jelas permasalahannya,” kata Komisioner Kompolnas, Poengky Indarti, Selasa (15/2/2022).

Poengky berharap dengan di terjunkannya Propram Polda Riau mengusut kasus ini akan terjawab apakah Kapolres Kampar arogan.

Sebab, kata Poengky, semua pimpinan dan anggota Polri harus ramah dan sopan.

“Apakah benar tuduhan bahwa Kapolres arogan? Karena semua pimpinan dan anggota Polri harus ramah, sopan dan humanis. Atau, apakah benar sanggahan Kapolres bahwa yang memprotesnya adalah yang anti vaksin? Dengan pemeriksaan Propam, fakta-faktanya akan terungkap,” katanya.

Sebelumnya, sejumlah spanduk bertebaran di sejumlah lokasi di Kampar. Spanduk itu berisi protes atas ucapan kasar dan tindakan arogan Kapolres.

Dalam spanduk itu, masyarakat meminta Kapolres Kampar di copot. Desakan datang dari sejumlah warga serta simpatisan dan kader Muhammadiyah Kampar.

Ketua Pemuda Muhammadiyah Kampar Almi Zarlis membenarkan pihaknya turut memasang spanduk. Dia mengatakan aksi protes itu juga buntut pemanggilan sejumlah kader dan guru.

“Kronologinya panjang. Itu terkait status facebook salah satu guru kemarin. Kata kasar itu di sampaikan saat pertemuan di Kampar,” kata Almi.

Peredaran spanduk ini jadi perhatian Kapolda Riau. Kapolda Irjen Muhammad Iqbal telah memerintahkan Bidang Propam Polda Riau mengusut hal itu.

“Terkait beredarnya spanduk, Kapolda Riau atensi terhadap hal ini,” ucap Kabid Humas Polda Riau Kombes Sunarto, sebagaimana melansir dari laporan detikcom, Selasa (15/2).

“Kapolda telah memerintahkan Kabid Propam untuk mendalami permasalahan,” kata Sunarto.

Respon Kapolres Kampar: Biasa Itu, Dinamika Negara Demokrasi

Spanduk dari masyarakat bermunculan mendesak Kapolda Riau Irjen Muhammad Iqbal mencopot Kapolres Kampar AKBP Rido Purba yang di nilai arogan dan kasar.

AKBP Rido Purba merespons atas munculnya desakan tersebut.

“Biasa itu, dinamika negara demokrasi,” ucap Rido saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (16/2/2022).

Rido menilai spanduk yang bertebaran di sejumlah titik di Kampar itu karena sikap tegasnya. Ia tidak mempersoalkan sikap tegasnya di artikan lain oleh masyarakat.

“Saya orangnya tegas. Kalau di artikan lain, itu persepsi,” katanya.

Rido mengaku selama ini ia tegas dalam bertugas. Terutama untuk pelaksanaan vaksinasi di daerah tersebut.

“Saya sebagai Kapolres mendukung dan melakukan upaya maksimal dalam percepatan vaksinasi di Kabupaten Kampar,” katanya.

Sebelumnya, sejumlah spanduk bertebaran di sejumlah lokasi di Kampar, Selasa (15/2) pagi. Spanduk itu berisi protes atas ucapan kasar dan tindakan arogan Kapolres.

Dalam spanduk berlogo Muhammadiyah itu, masyarakat meminta Kapolres Kampar di copot. Desakan datang dari sejumlah warga serta simpatisan dan kader Muhammadiyah Kampar.