Tilap Uang Nasabah, Polda Riau Tangkap Teller Bank BRI Cabang Dumai

  • Bagikan
Teller Bank BRI Cabang Dumai

Menit.co.id – Seorang perempuan berinisial HN (29) yang bekerja sebagai Teller Bank BRI Cabang Dumai harus meringkuk di balik jeruji Polda Riau.

HN di ketahui telah menilap uang nasabah dengan jumlah cukup fantastis. Yaitu sebanyak Rp1,2 miliar lebih. Uang hasil tilap itu di gunakan HN untuk membayat pinjaman online.

“Hasil kejahan pelaku di gunakan untuk bayar pinjaman online. Pelaku kita amankan di rumahnya dan tanpa ada perlawanan,” kata Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto, Selasa (21/09/21).

Kemudian, HN di duga melakukan transaksi penarikan tunai dari rekening tabungan nasabah sehingga menyebabkan terjadinya pencatatan palsu.

Tersangka tidak melaksanakan langkah – langkah untuk memastikan ketaatan Bank pada UU/ketentuan (SOP) yang berlaku bagi Bank.

Teller Bank BRI Dumai Tilap Uang Nasabah

Ini di lakukan pelaku sejak Januari-Maret 2021 tepatnya di bank BRI Unit Bagan Besar Cabang Dumai Kelurahan Bagan Besar, Kecamatan Bukit Kapur Kota Dumai.

Modusnya, HN melakukan transaksi dengan menggunakan User ID 8119051 tanpa hadir dan sepengetahuan nasabah & menirukan tanda tangan pada slip penarikan.

Kemudian HN menggunakan rekening penampung atas anama Edrian Nofrialdi. Di mana Kartu ATM dalam penguasaan tersangka untuk selanjutnya di teruskan ke rekening pribadi tersangka pada Bank BRI dan Bank BCA.

Pelaku selanjutnya menggunakan uang hasil kejahatan dari transaksi penarikan rekening tabungan nasabah untuk pembayaran hutang. Karena menunggak pinjaman online dan untuk kepentingan pribadi dan keluarga.

Selain pelaku, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti yakni Skep PT. BRI tentang Mutasi Frontliner BRI Kantor Cabang Dumai HN. Kemudian Surat Keputusan Direksi PT. BRI tentang Buku Prosedur Operasional Simpanan BRI.

Selanjutnya Surat Edaran PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kemudian ada 21 lembar slip penarikan yang di duga hasil transaksi tersangka atas nama 8 orang nasabah.

11 buku tabungan milik 8 (delapan) orang nasabah, 17 lembar Daftar Harian Teller, Print out 10 rekening koran dan Kartu ATM Bank BRI atas nama Edrian Nofrialdi.

Atas perbuatan itu, HN kini di jerat dengan Pasal 49 ayat (1) huruf a Jo Pasal 49 ayat (2) huruf b Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 tahun 1998 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan.

  • Bagikan