TNI AL Dumai Gagalkan Penyelundupan 7 Orang TKI Ilegal

TNI AL Lanal Dumai berhasil menggagalkan penyelundupan sebanyak 7 orang calon TKI menuju Malaysia. Kejadian ini berada di Sentau Hulu, Kota Dumai.

TNI AL Dumai

Menit.co.id – TNI AL Dumai berhasil mengagalkan pengiriman tujuh orang calon pekerja migran Indonesia mengguna kapal speed pancung tanpa nama.

TNI AL Dumai berhasil mengamankan tujuh TKI ilegal itu di perairan Tanjung Sentau Hulu, Kota Dumai, Provinsi Riau dapa titik koordinasi 2° 000′ 22″ N – 101° 323’193″ E.

Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (P) Himawan, MMSMC, memberikan keterangan pada awak media mengatakan bahwa penggagalan ini atas informasi di lapangan.

“Tim TNI AL Lanal Dumai mendapatkan informasi dari agen di lapangan. Info soal adanya rencana pemberangkatan calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) secara ilegal menuju Malaysia,” katanya.

Laporan itu langsung di tindaklanjuti dengan mengerahkan anggota. Mereka langsung mengintai kapal speed pancung melalui perairan Tanjung Sentau Hulu Dumai Provinsi Riau.

Tim gabungan yang di pimpin oleh Dansub Unit Intel Teknis Lanal Dumai Lettu Laut (KH) Fersy Angry, S.H. melaksanakan penyisiran di perairan Tanjung Penyebal.

“Tim kita melihat ada satu speed pancung melaju dengan kencang menuju ke arah Malaysia. Tim langsung mengejar dan berhasil menangkapnya,” jelas Himawan.

Di jelaskan Himawan, pada penangkapan itu sempat terjadi kejar-kejaran antara petuga dan kapal pembawa TKI ilegal tersebut. Namun akhirnya mereka bisa di amankan.

“Kapal pancung pembawa PMI ilegal kemudian memutar arah menuju daratan pantai Sentau Hulu. Kita melakukan pengejaran di darat dan berhasil mengamankan 7 orang calon PMI,” jelasnya.

Sementara untuk Tekong beserta ABK speed pancung berhasil melarikan diri. Selanjutnya calon PMI di bawa menuju Pos TNI AL Tanjung Medang/Wilayah Sungai Dumai.

Kemudian dalam aksi penggagalan TKI Ilegal ini, kata dia, menandakan TNI AL telah siap siaga menjalankan tugas sebagai pengawas perairan laut Indonesia.

“Ini bukti kesiapan kita dalam menghadapi berbagai acaman di laut. Salah satu contohnya kita berhasil menggagalkan penyelundupan TKI,” jelas Himawan.

Upaya TNI AL Dumai dalam menjalankan tugas sudah sesuai instruksi dari Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.

Selanjutnya 7 orang calon PMI ilegal tersebut di serahkan oleh Lanal Dumai kepada Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) untuk pendalaman dan proses lebih lanjut.