Tragedi Bintaro dan Lepasnya Timor Timur Tepat 19 Oktober

  • Bagikan
Tragedi Bintaro

Menit.co.id – Tragedi Bintaro, adalah peristiwa kecelakaan kereta api jurusan Rangkasbitung-Jakarta Kota di Daerah Pondok Betung, Bintaro, Jakarta Selatan, 19 Oktober 1987.

Sejarah hari ini, 19 Oktober 2021, mencatat peristiwa kelam baik Tregedi Bintaro maupun lepasnya Provinsi Timor Timur dari Indonesia, karena Indonesia kalah saat referendum.

Sekarang Timor Timur menjadi negara merdeka dengan nama Timor Leste. Kedua peristiwa sejarah ini tepat pada hari ini 19 Oktober.

Tragedi Bintaro 19 Oktober 1987

Kecelakaan maut menimpa kereta api Indonesia. Kecalakaan tersebut di sebut musibah terburuk sepanjang sejarah perkeretaapian di Indonesia.

Tabrakan ini menelan korban jiwa sebanyak 159 nyawa dan korban luka-luka sebanyak 300 orang. Tabrakan ini terjadi pada tikungan S, km 17+252.

Dalam kecelakaan ini, rangkaian kereta api jurusan Tanah Abang–Merak yang berangkat dari Stasiun Kebayoran (KA 220) bertabrakan dengan kereta api Lokal Rangkas jurusan Rangkasbitung–Jakarta Kota (KA 225) yang berangkat dari Stasiun Sudimara.

Penyelidikan setelah kejadian menunjukkan adanya kelalaian petugas Stasiun Sudimara yang memberikan sinyal aman bagi kereta api dari arah Rangkasbitung. Padahal tidak ada pernyataan aman dari Stasiun Kebayoran.

Atas peristiwa tersebut, empat orang di nyatakan bersalah. Slamet Suradio, masinis KA 225 di vonis lima tahun penjara, dan Adung Syafe’i sebagai kondektur KA 225 di hukum 2,5 tahun penjara.

Sedangkan petugas Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA) Djamhari dan Umriyadi di hukum 10 bulan penjara.

  • Bagikan