Viral Video Tandu Jenazah Pakai Sarung Lewat Jalan Berlumpur di Dumai

  • Bagikan
Viral Video Tandu Jenazah Pakai Sarung Lewat Jalan Berlumpur di Dumai
Viral Video Tandu Jenazah Pakai Sarung Lewat Jalan Berlumpur di Dumai

Menit.co.id – Viral video sejumlah warga membawa jenazah dengan tandu dari bambu menggunakan kain sarung ke pemakaman melewati jalan rusak dan berlumpur di Kota Dumai.

Video berdurasi 6 menit 46 detik itu, terlihat warga bergantian membawa jenazah sembari berjalan hati-hati di jalanan yang berlumpur dan merekam momen memilukan tersebut.

“Inilah jalan sepakat, RT 09, Kelurahan Bansal Aceh, Kecamatan Sungai Sembilan. Jalannya seperti ini, tidak bisa dilalui oleh masyarakat. Susah payah kami jalaninya,” kata perekam video.

Dalam perjalanan mengiringan jenazah perekam terus menceritakan kondisi jalan rusak di daerahnya. Perekam video menyebut belum pernah ada perbaikan jalan diwilayahnya.

“Tengoklah kami membawa mayat seperti ini. Karena mobil tidak bisa masuk, harus pakai sarung digendong. Mungkin pejabat Dumai tidak tahu dengan keadaan kami di sini. Beginilah jalan kami,” ucapnya.

Perekam yang mengaku warga Bansal Aceh itu meminta agar jalan tersebut diperbaiki. Dia merasa warga yang tinggal di Jalan Sepakat RT09 Kelurahan Bangsal Aceh ditelantarkan tanpa tersentuh pembangunan jalan.

“Kami ditelantarkan begitu saja. Dimana keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia itu? Mana keadilannya? Tidak ada sama sekali. Mungkin pemerintah Dumai menganggap kami bukan manusia, maka ditelantarkan,” ucap perekam.

“Seandainya Wali Kota seperti Pak Jokowi, Bapak Presiden mungkin akan menangis melihat jalan seperti ini. Jalan yang tidak layak kami jalani. Kami tidak bisa berbuat banyak,” kata pria yang belum diketahui namanya ini.

Dia juga meminta kepada Pemerintah Kota Dumai baik itu pejabat-pejabat semuanya mohon kirannya bantuan pembangunan jalan Sepakat RT 09 Kelurahan Bangsal Aceh Kecamatan Sungai Sembilan Dumai.

“Sekali lagi kepada pejabat-pejabat Dumai kami mohon bantuan perbaikan jalan Sepakat. Kami sungguh masyarakat di sini mohon perbaikan kepada pemerintah Kota Dumai,” katanya.

Perekam video juga kembali menyebut nama Presiden Joko Widodo sembari meminta tolong dimana keadilan seluruh rakyat Indonesia itu?. “Itu namanya tidak adil, lihatlah jalan kami seperti sawah yang bisa ditanami padi,” katanya.

Sedangkan Lurah Bangsal Aceh, Parlen membenarkan viral video tersebut berada di daerahnya. Namun kejadian perekemannya sendiri dilakukan oleh warga setempat pada bulan November 2020 lalu.

“Iya benar, video viral itu di daerah kami. Tetapi itu video November 2020 dan baru viral sekarang. Itu benar kondisi jalan Sepakat di Bansal Aceh seperti itu,” kata Parlen.

Parlen mengaku pihaknya sudah berulang kali meminta agar jalan rusak itu diperbaiki. Permintaan itu, katanya, tak bisa dikabulkan karena wilayah itu masuk dalam kawasan hutan.

“Saya sudah berulang kali laporkan itu ke Bappeda, PU, dan Kota. Pemerintah Kota sudah tahu. Tapi ternyata tidak bisa dibangun karena itu kawasan hijau, kawasan hutan,” katanya.

  • Bagikan