Apa Itu KPPS? Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara

KPU Unggah Formulir C.Hasil Plano Bertahap

MENIT.CO.ID – KPPS merupakan singkatan dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). KPPS memiliki peran penting dalam Pemilu 2024.

Adapun tugas KPPS untuk melakukan pemungutan suara Pemilu 2024. Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengategorikan KPPS sebagai salah satu badan ad hoc.

Kedudukan KPPS berada di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan berjumlah 7 orang untuk setiap TPS. Penasaran seperti apa itu KPPS? Yuk simak lengkapnya di sini.

Apa Itu KPPS?

KPPS merupakan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara yang dibentuk oleh Panitia Pemungutan Suara atau PPS untuk menyelenggarakan pemungutan suara di TPS.

KPPS terdiri dari 7 orang anggota yang berasal dari masyarakat sekitar TPS yang memenuhi persyaratan sesuai Peraturan KPU. Satu orang anggota KPPS tersebut merangkap sebagai ketua.

Anggota KPPS dibentuk serta diberhentikan oleh PPS atas nama ketua KPU kabupaten/kota. PPS wajib melakukan pembentukan KPPS selambat-lambatnya 14 hari sebelum hari pemungutan suara.

Tugas KPPS Apa Saja?

Dalam penyelenggaraan Pemilu 2024, KPPS memiliki tugas sebagai berikut:

  • Mengumumkan daftar Pemilih tetap di TPS;
  • Menyerahkan daftar Pemilih tetap kepada saksi peserta Pemilu yang hadir dan Pengawas TPS dan dalam hal peserta Pemilu tidak memiliki saksi, daftar pemilih tetap diserahkan kepada peserta Pemilu;
  • Melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di TPS;
  • Membuat berita acara dan sertifikat hasil pemungutan dan penghitungan suara dan wajib menyerahkannya kepada saksi peserta Pemilu, Pengawas TPS, PPS, dan PPK melalui PPS;
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh KPU, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota, PPK, dan PPS sesuai dengan peraturan perundang-undangan;
  • Menyampaikan surat pemberitahuan kepada Pemilih sesuai dengan daftar Pemilih tetap untuk menggunakan hak pilihnya di TPS; dan
  • Melaksanakan tugas lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Apa Saja Wewenang KPPS?

Dalam menjalankan tugas tersebut, KPPS juga memiliki beberapa wewenang antara lain:

  • Mengumumkan hasil penghitungan suara di TPS;
  • Melaksanakan wewenang lain yang diberikan oleh KPU, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota, PPK, dan PPS sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan; dan
  • Melaksanakan wewenang lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Berapa Gaji KPPS Pemilu 2024?

Melansir situs resmi, KPU sudah mengumumkan besaran gaji atau honor yang akan diterima oleh KPPS. Anggota KPPS akan mendapatkan honor sebesar Rp1.100.000,00.

Semenatra untuk ketua KPPS mendapatkan gaji sebesar Rp1.200.000,00. Jadi, KPPS merupakan penyelenggara pemungutan suara yang berkedudukan di masing-masing TPS.