Aplikasi Siwaslu Siap Kawal Pemilu 2024, PTPS Wajib Tahu!

Aplikasi Siwaslu

MENIT.CO.ID – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) meluncurkan aplikasi Siwaslu untuk membantu pengawasan Pemilu 2024.

Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan petugas pengawas pemilu dalam melaporkan pelanggaran dan mengawasi jalannya pemilu.

Aplikasi Siwaslu merupakan wujud kesungguhan dari Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dalam meningkatkan efektivitas pengawasan Pemilu.

Sebagai PTPS yang akan bertugas pada 14 Februari 2024 mendatang, sudah seharusnya kita memahami Siwaslu.

Siwaslu merupakan aplikasi android yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store. Fitur-fitur utama aplikasi Siwaslu antara lain:

1. Pelaporan Pelanggaran: pengawas pemilu dapat melaporkan pelanggaran pemilu dengan mudah dan cepat melalui foto, video, atau teks.

2. Peta Pengawasan: Menampilkan informasi lokasi TPS, tempat pemungutan suara (TPS), dan tempat penghitungan suara (PPS).

3. Data Pemilu: Menyajikan data pemilih, daftar calon, dan hasil pemilu.

Bawaslu berharap dengan hadirnya aplikasi Siwaslu dapat meningkatkan partisipasi dalam mengawasi pemilu. Siwaslu adalah alat bantu untuk mewujudkan pemilu yang jujur, adil, dan bermartabat.

Bawaslu telah melakukan sosialisasi dan pelatihan penggunaan Siwaslu kepada jajaran pengawas pemilu di seluruh Indonesia.

Manfaat Aplikasi Siwaslu

Berikut beberapa manfaat menggunakan aplikasi Siwaslu:

  • Memaksimalkan penyajian data dan informasi serta mempermudah pengambilan keputusan oleh pengawas Pemilu untuk meningkatkan kinerja pengawasan Pemilu.
  • Memenuhi kebutuhan proses pelaporan dan pelayanan informasi terkini dalam proses pengawasan pemilihan umum (Pemilu).
  • Peningkatan kinerja pengawasan dengan sistem terkini serta kualitas penyajian data dan informasi yang akurat.
  • Digitalisasi data yang lebih efektif dan efisien untuk dimutakhirkan dan dianalisis lebih lanjut.
  • Pengamanan data laporan pengawasan yang menggunakan jalur data daring yang aman sesuai standar.
  • Penguatan hasil pelaporan yang lebih akurat, singkat serta disertai dengan bukti dokumen dalam bentuk gambar.

Bawaslu berharap aplikasi Siwaslu dapat menjadi alat yang efektif untuk mewujudkan pemilu yang berkualitas dan berintegritas.

Aplikasi Siwaslu merupakan aplikasi Sistem Pengawasan Pemilu. Aplikasi ini dapat diunduh petugas pengawas Pemilu untuk memantau proses pemungutan suara, penghitungan, dan penetapan hasil Pemilu karena memberikan informasi cepat serta akurat terkait proses pemilihan.

Aplikasi Siwaslu memfasilitasi penyampaian informasi hasil pemungutan suara dan pengawasan rekapitulasi suara secara berjenjang melalui sistem daring yang terkonsolidasi secara nasional.