Begini Kondisi Sekarang Luhut Binsar Panjaitan

Begini Kondisi Sekarang Luhut Binsar Panjaitan

MENIT.CO.ID – Ingin tahu kondisi sekarang Luhut Binsar Panjaitan? Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi telah kembali aktif menjalankan tugasnya.

“Beliau sudah mulai aktif, meskipun belum sepenuhnya mengikuti seluruh agenda karena kapasitasnya masih belum penuh,” ujar Jodi Mahardi, Juru Bicara Menko Marves sekaligus Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kemenko Marves, saat diwawancara di Jakarta pada hari Sabtu.

Jodi menjelaskan bahwa Menko Luhut juga telah melaporkan kegiatan kerjanya kepada Presiden beberapa waktu yang lalu.

“Menko LBP (Luhut Binsar Pandjaitan) telah kembali aktif dalam peran sebagai Menko. Beberapa hari yang lalu, beliau sudah melaporkan dan menghadap Presiden,” tambah Jodi.

Luhut Binsar Panjaitan diketahui telah menjalani perawatan dan pemulihan kesehatannya di Singapura sejak bulan Oktober tahun lalu.

Meskipun demikian, beliau tetap berpartisipasi dalam beberapa acara, termasuk pelantikan menantunya sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat pada 29 November 2023 dan secara virtual dalam konferensi COP28 Dubai pada 3 Desember 2023.

Selama Menko Luhut berada dalam masa pemulihan di Singapura, Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri BUMN Erick Thohir sebagai Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves) Ad Interim.

Sebelumnya, Luhut Pandjaitan, melalui akun Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan pada Selasa (10/10), menjelaskan bahwa dirinya disarankan oleh dokter untuk beristirahat selama beberapa hari setelah mengalami kelelahan yang luar biasa. Kondisi kesehatan Luhut menurun tiba-tiba setelah menghadiri suatu kegiatan.

“Tiba-tiba saya merasa kelelahan yang amat luar biasa. Rasa lelah ini tak seperti yang biasa saya rasakan selepas bekerja,” ungkap Luhut.

Luhut kemudian menjalani tindakan preventif lebih lanjut di salah satu Rumah Sakit di Jakarta, dan selama beberapa hari tidak diizinkan oleh tim dokter untuk beraktivitas seperti biasa.

Setelah mendapat tawaran dari rekan-rekannya, yakni Senior Minister Singapura Teo Chee Hean dan Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakhrisnan, Luhut memutuskan untuk menjalani tahap pemulihan di Singapura serta melakukan pemeriksaan medis dan evaluasi yang lebih komprehensif.