Berikut Ini 10 Negara Sudah Jalankan Program Makan Siang Gratis

Program Makan Siang Gratis

MENIT.CO.ID – Ingin tahu negara mana yang sudah menjalankan program makan siang gratis? Berikut ini daftar negara sudah jalankan program makan siang gratis.

Program makan siang gratis bagi anak sekolah bukan hal baru. Sejumlah negara telah menerapkan program ini untuk membantu anak-anak mendapatkan gizi seimbang dan meningkatkan fokus belajar.

Bagi Anda yang ingin mengetahui negara manakah yang sudah menjalankan program ini, yuk simak berikut ini daftar negara yang sudah melaksanakan program makan siang gratis.

Daftar Negara Program Makan Siang Gratis

Berikut adalah daftar beberapa negara yang sudah melaksanakan program makan siang gratis, sebagai mana Menit News kutip dari berbagai sumber pada, Kamis (29/2/2024):

1. Finlandia

Finlandia terkenal dengan sistem pendidikannya yang berkualitas. Salah satu faktornya adalah program makan siang gratis yang disediakan untuk semua siswa di sekolah negeri. Program ini sudah berjalan sejak tahun 1948.

2. Swedia

Sama seperti Finlandia, Swedia juga menyediakan makan siang gratis untuk semua siswa di sekolah negeri. Program ini dimulai pada tahun 1972 dan bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan anak-anak.

3. Prancis

Di Prancis, program makan siang gratis disediakan untuk semua siswa di sekolah dasar negeri. Program ini dimulai pada tahun 1982 dan bertujuan untuk membantu keluarga dengan pendapatan rendah.

4. Jerman

Jerman menyediakan subsidi makan siang untuk semua siswa di sekolah negeri. Subsidi ini bervariasi tergantung pada wilayah dan pendapatan keluarga.

5. Italia

Italia menyediakan makan siang gratis untuk semua siswa di sekolah dasar negeri. Program ini dimulai pada tahun 2000 dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memerangi kemiskinan.

6. Brasil

Brasil memiliki program makan siang nasional yang menyediakan makanan gratis untuk semua siswa di sekolah negeri. Program ini dimulai pada tahun 1940-an dan merupakan salah satu program makan siang terbesar di dunia.

7. India

India memiliki program makan siang nasional yang menyediakan makanan gratis untuk semua siswa di sekolah dasar negeri. Program ini dimulai pada tahun 1995 dan merupakan salah satu program makan siang terbesar di dunia.

8. Amerika Serikat

Amerika Serikat memiliki program makan siang nasional yang menyediakan makanan gratis atau subsidi untuk siswa di sekolah negeri. Program ini dimulai pada tahun 1946 dan merupakan salah satu program makan siang terbesar di dunia.

9. Inggris

Inggris memiliki program makan siang gratis untuk semua siswa di sekolah dasar negeri. Program ini dimulai pada tahun 2014 dan bertujuan untuk membantu keluarga dengan pendapatan rendah.

10. Australia

Australia memiliki program makan siang subsidi untuk semua siswa di sekolah negeri. Subsidi ini bervariasi tergantung pada wilayah dan pendapatan keluarga.

Program makan siang gratis terbukti memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan konsentrasi belajar, meningkatkan kesehatan anak-anak, dan membantu keluarga dengan pendapatan rendah.

Negara-negara lain diharapkan dapat mengikuti jejak negara-negara di atas untuk menyediakan program makan siang gratis bagi anak-anak sekolah.