Cara Cek TPS Pemilu 2024, Mudah dan Bisa Secara Online

Cek TPS Pemilu 2024

MENIT.CO.ID – Ingin tahu cara cek TPS Pemilu 2024 secara online? Yuk simak cara cek TPS Pemilu 2024 yang tersaji di dalam artikel berikut ini.

Pemilihan umum (Pemilu) bakal diselenggarakan pada 14 Februari 2024. Untuk mengetahui lokasi tempat pemungutan suara (TPS), masyarakat dapat mengeceknya dengan mudah.

TPS Pemilu 2024 telah ditetapkan bersamaan dengan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Cara cek lokasi TPS Pemilu 2024 dapat dilakukan dengan mudah dan online.

Melansir dari laman Komisi Pemilihan Umum (KPU), terdapat 823.220 TPS yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan luar negeri.

Lokasi TPS berada di tempat yang mudah dijangkau, termasuk oleh penyandang cacat dan menjamin setiap pemilih dapat memberikan suaranya secara langsung, umum, bebas, dan rahasia.

Cara Cek Lokasi TPS Pemilu 2024

Bagi Anda yang ingin mengetahui lokasi TPS Pemilu 2024 bisa mengeceknya dengan cara sebagai berikut:

  • Buka situs https://cekdptonline.kpu.go.id/, lalu muncul Pencarian Data Pemilih.
  • Masukkan nomor induk kependudukan (NIK) atau Nomor Paspor bagi Pemilih Luar Negeri.
  • Pastikan seluruh data diri yang tercantum sudah benar.
  • Klik tombol Pencarian.
  • Jika sudah terdaftar, situs akan menampilkan nama pemilih, nomor DPT, nomor TPS, dan alamat lokasi untuk melakukan pencoblosan.
  • Apabila data belum terdaftar, maka akan ada peringatan tertulis, “Data Anda belum terdaftar!”
  • Jika ingin memastikan kembali status DPT, bisa menghubungi langsung ke kantor KPU terdekat.

Selain nomor TPS, situs juga mencantumkan alamat potensial TPS sehingga pemilih tidak perlu bingung mencari keberadaan TPS.

Itulah tadi informasi tentang cara cek TPS Pemilu 2024 yang mudah dan secara online. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi Anda yang ingin menyalurkan suara untuk Pemilu 2024.