Cara memilih dalam Pemilihan Umum 2024, Ini Syaratnya

Cek TPS Pemilu 2024

MENIT.CO.ID – Sudah tahu bagaimana cara memilih dalam Pemilihan Umum 2024? Ini syarat memilih dalam Pemilihan Umum (Pemilu) pada Rabu, 14 Februari 2024.

Pemilu 2024 dijadwalkan akan diselenggarakan serentak, mencakup pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) di seluruh wilayah Indonesia, mulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan, kota/kabupaten, provinsi, hingga partisipasi warga Negara Indonesia di luar negeri.

Proses pemilihan pemimpin rakyat dilakukan secara langsung oleh masyarakat, tanpa perwakilan. Oleh karena itu, penting untuk memahami prosedur memilih dalam Pemilihan Umum 2024.

Cara Memilih dalam Pemilihan Umum 2024

Dalam pemilu, masyarakat Indonesia menggunakan cara “mencoblos” surat suara, sebagaimana dijelaskan oleh Komisi Pemilihan Umum. Pemberian suara dilakukan dengan mencoblos satu kali pada nomor, nama, foto pasangan calon, atau tanda gambar partai politik pengusul. Setiap individu diperbolehkan mencoblos sekali dalam satu kotak pada surat suara sesuai dengan Pasal 353 ayat 1 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Pemilih yang sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dapat menggunakan hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Rabu, 14 Februari 2024, antara pukul 07.00-13.00 waktu setempat.

Cara Memilih dalam Pemilu 2024 untuk WNI di Luar Negeri

Bagi WNI di luar negeri, Komisi Pemilihan Umum dibantu oleh Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) yang memberikan tiga opsi pemilihan: di Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN), Kotak Suara Keliling (KSK), dan melalui pos.

WNI dapat mencoblos di TPS yang umumnya berlokasi di pusat perkumpulan WNI, Kedutaan Besar, atau Konsulat Jenderal. Untuk yang berada jauh dari TPSLN, dapat mencoblos surat suara dan menyimpannya di KSK yang dijaga oleh PPLN. WNI yang berlokasi sangat jauh dan terpencil dapat mengirimkan surat suara melalui pos ke PPLN. Pemilu di luar negeri akan dilaksanakan lebih awal, namun, proses perhitungan dan rekapitulasi suara tetap dilakukan bersamaan dengan pemilu di dalam negeri.

Syarat Pemilih dalam Pemilu 2024

Pemilih yang telah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) akan menerima surat pemberitahuan, yang harus dibawa bersama Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) ke TPS untuk diberikan kepada petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Setelah memenuhi persyaratan, pemilih berhak mendapatkan surat suara untuk mencoblos di TPS.

Cara Pindah Memilih Pemilu 2024

Bagi mereka yang berada di luar kota atau tidak tinggal sesuai identitas KTP, masih dapat mencoblos dengan mengajukan pindah tempat memilih. Pemindahan tersebut harus diajukan paling lambat 7 hari sebelum hari pemungutan suara, yaitu pada 16 Januari hingga 7 Februari 2024.

Prosedur pindah memilih Pemilu 2024 melibatkan langkah-langkah berikut:

  1. Datang langsung ke Panitia Pemungutan Suara (PPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), atau KPU Kabupaten/Kota.
  2. Membawa bukti dukung alasan pindah memilih (misalnya surat tugas jika terkait dengan pekerjaan).
  3. KPU akan memetakan TPS di sekitar tempat tujuan dan memasukkan pemilih ke Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).
  4. Pemilih diberikan bukti dari KPU berupa formulir A-Surat Pindah Memilih.

Syarat Kondisi yang Dapat Pindah Pemilu 2024

Pindah tempat memilih dapat dilakukan dalam kondisi seperti:

  • Menjalankan tugas di tempat lain pada saat hari pemungutan suara.
  • Menjalani rawat inap di fasilitas pelayanan kesehatan dan didampingi keluarga.
  • Penyandang disabilitas yang menjalani perawatan di panti sosial atau panti rehabilitasi.
  • Menjalani rehabilitasi narkoba.
  • Menjadi tahanan di rumah tahanan atau lembaga pemasyarakatan.
  • Sedang menjalani tugas belajar atau pendidikan tinggi.
  • Pindah domisili.
  • Tertimpa bencana alam.
  • Bekerja di luar domisili.
  • Keadaan tertentu sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Dokumen yang Dibutuhkan untuk Pindah Pemilu 2024

Pemilih harus menunjukkan KTP-el atau Kartu Keluarga (KK) dan melampirkan salinan formulir Model A-Tanda Bukti Terdaftar sebagai Pemilih dalam DPT di TPS asal.

Demikianlah informasi terkait cara memilih dalam Pemilihan Umum 2024.