Ini Tugas dan Wewenang PTPS Pemilu 2024

Tugas dan Wewenang PTPS Pemilu 2024

MENIT.CO.ID – Sudah tahu apa tugas dan wewenang PTPS Pemilu 2024? Jika belum, berikut ini adalah tugas dan wewenang PTPS dalam Pemilu 2024.

Dalam waktu satu bulan, masyarakat Indonesia akan mengikuti Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, yang dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024. Selain menentukan pilihan capres dan cawapres, memahami pelaksanaan Pemilu 2024 adalah hal yang krusial.

Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) merupakan elemen penting dalam proses pemungutan suara selama Pemilu. PTPS memiliki peran utama dalam menjaga integritas dan kelancaran proses demokrasi. Keberadaan PTPS juga krusial untuk memastikan bahwa proses pemilihan berlangsung secara transparan dan adil.

Berdasarkan Peraturan Bawaslu Nomor 1 Tahun 2020, PTPS dijelaskan sebagai petugas yang ditunjuk oleh Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan untuk membantu Panwaslu Kelurahan/Desa. Sesuai peraturan Bawaslu, PTPS diatur sebanyak satu orang di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Tugas PTPS dalam Pemilu 2024, sebagaimana diuraikan dalam Pasal 43 ayat (3) Peraturan Bawaslu Nomor 1 Tahun 2020, meliputi:

  1. Pencegahan Dugaan Pelanggaran Pemilu: Memastikan bahwa tidak ada pelanggaran dalam proses pemilihan untuk mencegah terjadinya pelanggaran.
  2. Pengawasan Tahapan Pemungutan dan Perhitungan Suara: Mengawasi proses pengambilan dan perhitungan suara.
  3. Pengawasan Pergerakan Hasil Perhitungan Suara: Memastikan transparansi dalam pengumuman hasil perhitungan suara.
  4. Penerimaan dan Penyampaian Laporan Pelanggaran: Menerima serta menyampaikan laporan atau temuan pelanggaran kepada instansi terkait.

Wewenang PTPS dalam Pemilu 2024 meliputi:

  1. Menyampaikan Keberatan Terhadap Pelanggaran: Jika ada dugaan pelanggaran, PTPS berwenang menyampaikan keberatan.
  2. Menerima Berita Acara Pemungutan Suara: Menerima dokumen resmi terkait hasil pemungutan suara.
  3. Pelaksanaan Wewenang Lain: Dilakukan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Memahami tugas dan wewenang PTPS menjadi penting bagi masyarakat agar Pemilu 2024 dapat berjalan dengan lancar, adil, dan dapat dipercaya.