Khofifah Indar Parawansa Dapat Rekom dari Gerindra untuk Pilgub Jatim 2024

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

MENIT.CO.ID – Dukungan terhadap Khofifah Indar Parawansa dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2024 nampaknya semakin menguat.

Setelah memperoleh dukungan resmi dari Partai Amanat Nasional (PAN), giliran Partai Gerindra yang memberikan rekomendasi resmi kepada Khofifah untuk maju dalam periode kedua Pemilihan Gubernur Jatim 2024.

Rekomendasi dari Partai Gerindra disampaikan oleh Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra, Hashim Djojohadikusumo, kepada Khofifah di Hotel Double Tree Surabaya pada Minggu (10/12).

“Kali ini, Partai Gerindra memberikan rekomendasi untuk mendukung Ibu Khofifah sebagai gubernur Jatim periode selanjutnya,” ungkap Hashim seperti yang dilansir oleh Jawapos.

Terkait posisi calon wakil gubernur, Hashim sepertinya sangat setuju apabila Khofifah kembali berpasangan dengan Emil Dardak. “Nanti ada Pak Emil Dardak,” jelas Hashim.

Khofifah, yang merupakan petahana jika maju kembali dalam Pilkada 2024, sebelumnya berpasangan dengan Emil Dardak pada Pilkada Jatim 2018. Pasangan tersebut berhasil mengalahkan duet Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno.

Pasangan Khofifah-Emil, yang didukung oleh koalisi Partai Demokrat, Golkar, Hanura, PPP, PAN, dan Nasdem, berhasil memperoleh 10.465.218 suara atau 53,55 persen dalam Pilkada 2018.

Pada akhir 2023, Khofifah secara resmi mendapat rekomendasi untuk maju sebagai Calon Gubernur Jatim dari PAN dan Gerindra. Sementara itu, Partai Demokrat dan Golkar baru menyatakan dukungan secara lisan untuk mengusung Khofifah dalam Pemilihan Gubernur Jatim 2024.